Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tiap TPS Pilkada Grobogan Bakal Dilengkapi Alat Bantu untuk Tuna Netra

MURIANEWS, Grobogan – Para penyandang disabilitas tuna netra dipastikan bisa menyalurkan hak pilihnya dengan lebih mudah. Ini menyusul bakal disediakannya alat bantu yang terdapat tulisan braille bagi penyandang tuna netra.

“Saat ini, alat bantu braille sudah kami terima dan sedang disortir. Nantinya akan kita distribusikan di 2.971 TPS. Tiap TPS ada satu alat bantu braille,” kata Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo, Rabu (2/12/2020).

Agung berharap, dengan disediakan alat bantu braille itu akan meningkatkan partisipasi penggunaan hak pilih bagi pemilih disabilitas dalam Pilkada 2020.

“Harapannya dengan adanya alat bantu ini akan meningkatkan partisipasi untuk menggunakan hak pilihnya,” jelasnya.

Menurut Agung, setelah disortir alat bantu braille akan dikemas bersama dengan surat suara dan dimasukkan dalam kotak suara beserta beberapa logistik lainnya. Setelah selesai, akan dilakukan penyegelan kotak suara pada tanggal 4 Desember 2020.

“Setelah tersegel, kami akan melakukan pergeseran logistik ini dari KPU ke PPK tanggal 5-6 Desember 2020,” katanya.

Selanjutnya, pergeseran atau pendistribusian kotak suara dari PPK ke PPS akan dilakukan pada tanggal 7-8 Desember 2020. Sedangkan untuk pergeseran kotak suara ke TPS dijadwalkan tanggal 8 Desember 2020 atau H-1.

Agung menambahkan, hingga saat ini, sebagian logistik untuk pelaksanaan Pilkada Grobogan sudah didistribusikan ke PPK. Yakni, berupa alat pelindung diri (APD).

Logistik APD ini jenisnya ada beberapa macam. Antara lain, masker sekali pakai, hand sanitizer, sabun pencuci tangan, disinfektan, masker kain, sarung tangan plastik, tisu towel, kantong plastik sampah, face shield, semprotan, dan ember cuci tangan.

“Untuk logistik APD sudah kita kirimkan ke PPK. Sedangkan logistik yang lainnya akan didistribusikan pada pekan ini,” imbuhnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...