Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Generasi Milenial Pati Diajak Kampanyekan Penanggulangan HIV/AIDS

MURIANEWS, Pati – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Pati mengajak generasi milenial untuk terus mengkampanyekan penanggulangan AIDS. Hal ini penting untuk mencegah penularan penyakit yang belum ada obatnya itu.

Anggota KPA Pati Sinarto mengatakan, 1 Desember sebagai peringatan Hari AIDS se-Dunia menjadi momen penting untuk menyadarkan generasi muda suoaya lebih perhatian terhadap bahaya HIV/AIDS. Mereka juga bisa mengambil peran untuk menyosialisasikan hal tersebut.

“Kami mengajak generasi milenial untuk ambil bagian terkait penanggulangan HIV/AIDS ini. Caranya bisa dilakukan sesuai kemampuannya masing- masing, apakah itu sosialisasi atau mengikuti lomba pembuatan poster dan karya jurnalistik untuk kemudian dipublikasikan,” ungkapnya, Selasa (1/12/2020).

Menurutnya, peran generasi milenial ini sangat dibutuhkan untuk perubahan paradigma, terutama terkait HIV/AIDS. Ada banyak masyarakat yang saat ini masih menganggap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) itu menakutkan. Padahal, kebenarannya tidak demikian.

Menjadi ODHA ini bukanlah suatu keinginan. Tetapi karena sudah terpapar virus HIV tersebut, mau tidak mau yang bersangkutan harus menanggungnya. Namun, tugas masyarakat adalah tidak membuat stigma buruk terhadap ODHA.

“Tolak virus dan penyakitnya, jangan jauhi orangnya, harus dirangkul. Upayakan mitigasi sehingga potensi HIV/AIDS bisa diminimalkan,” lanjutnya.

Dengan memperkuat kolaborasi dan peran aktif pemuda, menjadi salah satu cara untuk memutus mata rantai pertumbuhan kasus HIV dan AIDS. Apalagi perkembangan di Pati dinilainya cukup tinggi.

“Kita harus optimistis, dengan melibatkan generasi milenial maupun masyarakat pada mumumnya, 10 tahun ke depan sudah tidak ada lagi HIV/AIDS di Bumi Mina Tani,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...