Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Desa Janggalan Kudus Bakal Bangun Kampung Heritage Tahun Depan

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Desa Janggalan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus yang berada tak jauh dari kawasan Menara Kudus berencana membuat desanya sebagai Kampung Wisata Heritage pada tahun 2021.

Kepala Desa Janggalan Noor Azis mengatakan, kampung heritage akan dibangun dengan konsep jalan bebatuan alam, kanan kiri tembok dengan menggunakan batu bata.

“Jadi nanti konsepnya itu di Gang Pondok dan Gang Manis yang berada kurang lebih 500 meter sebelah selatan serta sebelah barat Menara Kudus. Di lokasi tersebut masih banyak bangunan bertembok tinggi dan berkarakter bangunan kuno,” katanya.

Pihaknya juga akan mengintegrasikan kampung heritage menuju wisata religi ke makam sesepuh desa yakni Mbah Jenggolo, dan ke sebuah rumah yang akan dijadikan galeri batik khas Janggalan.

“Kebetulan warga kami mas Fadloli itu ahli batik yang beberapa waktu lalu mengajari warga Desa Janggalan. Nanti ada rumah yang direncanakan untuk menjadi galeri batik khas Desa Janggalan,” terangnya.

Ia menjelaskan hal tersebut dilakukan, untuk meningkatkan perekonomian warganya. Terlebih saat ini sudah ada potensi internal di desa tersebut terdapat lima pondok pesantren yang cukup besar dengan jumlah santri yang cukup banyak.

“Artinya itu juga nilai tambah bagi kami, jika banyak pengunjung yang datang ke kampung heritage otomatis perekonomian warga saya akan naik, entah nantinya ada orang berjualan makanan, minuman seperti kafe atau yang lain. Tujuan utamanya itu agar perekonomiaan warga meningkat,” jelasnya.

Kasi Seni Tradisi dan Bahasa (Sentradasa) pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus Agus Susanto menyatakan lima desa yang ada di sekitar Menara Kudus didorong untuk bisa menjadikan desanya menjadi kampung heritage Kudus Kulon.

“Desa Janggalan, Langgardalem, Kauman, Demangan, dan Desa Damaran. Kepala desa di desa tersebut sudah berkumpul menyambut baik usulan itu, namun memang yang menjadi kendala kurangnya pembimbing, dan jika dituangkan di APBdes itu disetujui apa tidak,” jelasnya.

Menurutnya desa-desa tersebut sangat berpotensi untuk meningkatkan perekonomian warganya melalui kampung heritage itu. Terlebih lokasi-lokasi desa tersebut, tah jauh dari Menara Kudus yang banyak wisatawan.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...