Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Pastikan Aman dari Covid-19, KPU Jepara Gelar Swab Mandiri

MURIANEWS, Jepara – Untuk memastikan tidak tertular virus Covid-19, seluruh komisioner dan pegawai KPU Kabupaten Jepara menjalani tes swab di teras kantor, Senin (30/11). Langkah ini dilakuka sebagai upaya KPU Jepara ikut secara aktif memerangi virus Covid-19 yang sedang mewabah.

“Sejauh ini memang tidak ada komisioner maupun pegawai yang sakit, apalagi mengalami gejala yang mengarah ke covid. Tes swab bentuk ikhtiar di internal kami, untuk memastikan bahwa kami tidak membawa virus tersebut,” kata Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia di KPU Jepara, Muhammadun usai menjalani tes swab bersama, Senin (30/11).

Empat komisioner KPU Jepara yang lain, yakni Subchan Zuhri (ketua) bersama Muntoko, Ris Andy Kusuma, dan Siti Nurwakhidatun juga menjalani tes swab. Secara keseluruhan ada 25 orang termasuk para pegawai di lingkungan KPU Jepara yang menjalani tes swab.

Ketua KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri mengapresiasi seluruh komisioner dan seluruh pegawai (ASN maupun non ASN) mengikuti tes swab tersebut. Kesukarelaan untuk menjalani swab mandiri ini, menurutnya mempertegas bahwa KPU Jepara juga sangat peduli terhadap segala upaya yang dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19, khususnya di lingkungan KPU Jepara.

Pihaknya juga menyatakan, KPU Kabupaten Jepara tidak sedang dalam tahapan Pilkada. Untuk KPU di 21 kabupaten/kota di Jateng yang kini dalam tahapan pilkada, di mana pemungutan suara akan berlangsung pada 9 Desember nanti, dan mengharuskan adanya pemeriksaan swab.

Secara keseluruhan ada 270 pilkada serentak secara nasional di tanggal tersebut. Semuanya, dalam tahapan penyelenggaraan harus mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Bagi yang menyelenggarakan pilkada, tantangannya lebih kompleks karena harus memastikan seluruh penyelenggara, bahkan sampai ke tingkat KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara-red) terbebas dari Covid-19. Kami berdoa semoga pilkada serentak nanti berjalan lancar. Penyelenggara maupun masyarakat tetap terjaga kesehatannya,” kata Subchan Zuhrie, dalam kesempatan yang sama.

Sementara itu, Sekretaris KPU Jepara, Da’faf Ali, mengatakan, sebenarnya secara keseluruhan baik komisioner KPU maupun pegawai di lingkungan KPU Jepara jumla seluruhnya mencapai 26 orang. Namun, ada satu pegawai yang tak mengikuti kegiatan ini karena sedang menjalani cuti kerja mengikuti studi Tata Kelola Pemilu di Universitas Diponegoro, Semarang.

“Alhamdulilah pelaksanaan swab berjalan lancar. Semuanya menjalani dengan sukarela dan dalam kondisi sehat. Kami berdoa semoga hasilnya tak ada yang terjangkit, dan kami akan makin yakin dalam melakukan kegiatan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat,” kata Da’faf Ali.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...