Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dana Program Wirausaha Baru di Kudus 2021 Dipangkas, dari Rp 10 Juta Jadi Rp 5 Juta Per Orang

MURIANEWS, Kudus – Alokasi dana yang diperuntukkan bagi wirausaha baru di Kudus pada 2021 mendatang turun dari Rp 10 juta menjadi Rp 5 juta. Besaran tersebut lebih kecil jika dibandingkan dengan tahun ini yang per orangnya mendapatkan Rp 10 juta.

Kabid Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi UKM Kudus Rofiq Fachri mengatakan, alokasi dana dikurangi lantaran anggaran pada APBD Kudus 2021 bakal dialokasikan ke hal lain.

“Alokasi dana untuk wirausaha baru nantinya dikurangi menjadi Rp 5 juta per orang. Karena alokasi dana dialihkan ke hal lain yang diutamakan,” katanya, Senin (30/11/2020).

Dia menyebut, kendati alokasi dana per orang dikurangi, pembentukan wirausaha baru tahun depan masih tetap berjalan. Kuotanya ada 500 wirausaha baru.

“Karena sesuai dengan visi misi bupati Kudus bahwa setiap tahun harus ada 500 wirausaha baru di Kudus,” jelasnya.

Nantinya untuk satu kelompok wirausaha baru akan diisi lima orang yang berasal dari satu desa. Masing-masing orang mendapatkan alokasi dana Rp 5 juta. Sehingga dalam satu kelompok mendapatkan Rp 25 juta.

“Untuk syaratnya masyarakat harus punya usaha dulu. Satu kelompok diisi lima orang harus dalam satu desa, supaya koordinasinya mudah. Lima orang itu nantinya sebagai ketua, sekretaris, bendahara, dan anggota,” ujarnya.

Sebanyak 500 wirausaha baru itu nantinya akan diberi pelatihan terlebih dahulu. Meliputi cara mengelola keuangan, pembukuan sederhana, dan manajemen usaha kecil.

Per Oktober 2020, jumlah proposal yang masuk ke Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Kudus sebanyak 400 proposal atau sebanyak 2.000 orang.

“Nantinya tetap kami berlakukan seleksi dan kami pilih 500 orang untuk wirausaha baru tahun depan,” imbuh Rofiq.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...