Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tak hanya Padamkan Kebakaran, Damkar Blora juga Evakuasi Ular dan Sarang Tawon

MURIANEWS, Blora – Tim pemadam kebakaran (Damkar) Satpol PP Blora, selama tahun 2020 atau sebelas bulan terakhir banyak melakukan pengamanan ular yang berkeliaran di rumah warga.

Kabid Perlindungan Masyarakat Satpol PP Blora Pujo Catur Santoso mengatakan, bukan hanya ular, lebah juga banyak dilaporkan masyarakat Blora karena meresahkan warga.

“Selama ini untuk mengamankan ular ada 23 kejadian dan lebah 97 kejadian,’’ katanya, Senin (30/11/2020).

Ular yang dievakuasi dari rumah maupun pekarangan warga kemudian dilepas kembali di hutan lindung di wilayah Perhutani.

Sementara untuk lebah lanjutnya, laporan yang masuk itu paling banyak adanya sarang lebah di pohon dekat permukiman warga. Ada juga yang di dalam rumah. Lebah yang dilaporkan lanjutnya, paling banyak adalah tawon endas.

“Kalau lebah kita ambil sarangnya dengan cara disemprot dengan semprotan serangga. Setelah lebahnya mati sarangnya diambil,” jelasnya.

Menurut Pujo, tugas tim damkar memang bukan hanya sekadar memadamkan kebakaran semata. Melainkan juga evakuasi hewan liar yang berpotensi mengancam keselamatan warga.

“Seperti kemarin ada sapi masuk dalam sumur, kami juga datang melakukan penyelamatan bersama dengan BPBD Blora,” bebernya.

 

Kontributor: Priyo
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...