Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Banjir Bandang Terjang Sejumlah Desa di Rembang, Warga Dievakuasi

MURIANEWS, Rembang- Sejumlah desa di wilayah Kabupaten Rembang diterjang banjir bandang, Minggu (29/11/2020) malam tadi. Ketinggian air bahkan mencapai 50 sentimeter hingga 1 meter.

Warga yang berada di lokasi banjir pun dievakuasi agar tidak terseret arus. Hingga pukul 03.00 WIB dini hari tadi, banjir masih menggenangi rumah warga.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang Pramojo mengatakan, banjir tersebut akibat intensitas hujan tinggi yang terjadi pada hari Minggu kemarin. Setidaknya ada delapan desa dan pedukuhan yang terdampak.

“Sejak malam tadi, kami sudah mengevakuasi warga. Tidak ada korban jiwa. Tapi yang kami evakuasi pertama memang ibu-ibu dan anak-anak,” katanya saat dikonfirmasi, Senin (30/11/2020).

Dia menyebut, banjir yang cukup parah terjadi di Dukuh Bagel, Desa Mondokerto, Desa Ngeret, Desa Tireman, Desa Gedangan, Desa Kebongan Kidul, Desa Kuangsan dan di Perumahan Palm View Residence.

Pihaknya khawatot jika terjadi banjir susulan, lantaran saat ini masih memasuki cuaca ekstrem. Oleh karenanya, warga diimbau untuk terus waspada.

“Kami harap tidak ada (banjir lagi). Tapi melihat cuaca ektrem saat ini, masyarakat harus tetap waspada,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengimbau agar warga tidak membuang sampah sembarangan. Mengingat, penyebab banjir selain intensitas hujan tinggi adalah karena banyaknya sampah yang menyumbat di sungai. Sehingga air tidak bisa berjalan lancar.

“Akibatnya air sungai meluap dan menggenangi rumah warga. Ini patut menjadi perhatian bersama,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...