Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cilok Bandeng Khas Pati, Enaknya Bikin Ketagihan

MURIANEWS, Pati – Pengusaha kuliner terus berinovasi untuk meningkatkan daya tawar dan daya beli masyarakat. Seperti halnya ikan bandeng, apabila biasanya diolah menjadi bandeng tanpa duri, bandeng presto dan bandeng bakar, tapi kali ini diolah menjadi cilok bandeng.

Tidak hanya bisa dinikmati oleh orang dewasa, tetapi anak-anak juga bisa menyantapnya. Cilok bandeng ini adalah kali pertama di bumk mina tani. Berbeda dengan cilok lainnya yang biasa dicampur dengan daging sapi ataupun daging kerbau.

Sajian cilok bandeng ini bisa ditemukan di Kedai Bandeng Rindang 84, Jalan Ahmad Yani No 30 Desa Winong, Kecamatan Pati. Harganya pun cukup terjangkau dan tidak terlalu dalam merogoh saku.

Pemilik Kedai Bandeng Rindang 84 Hana Tri Wahyuni mengatakan, inovasi ini sengaja dilakukan untuk memperkaya kuliner kaas Pati. Apalagi, ikan bandeng ini merupakan hasil produksi terbesar para petambak di Pati.

Pembeli nampak memakan cilok bandeng (MURIANEWS/Cholis Anwar)

Hana mengaku, awalnya dia hendak membuat sajian cemilan yang cocok saat musim hujan. Kemudian dia melakukan observasi dan melihat ada banyak warga yang membeli cilok.

“Karena itu, saya kemudian berpikir untuk jualan cilok. Tapi, cilok ini harus berbahan dasar dari ikan bandeng. Sehingga saya beberapa kali mencoba dan akhirnya bisa membuat cilok bandeng,” ungkapnya.

Untuk proses pembuatannya, diakui sama dengan proses membuat cilok pada umumnya. Yang berbeda adalah campuran daging ikan bandeng.

“Daging ikan dipisahkan dari kit dan durinya dan kemudian dihaluskan. Setelah halus, dicampurkan dengan tepung trigu, telur, serta bumbu rempah lainnya,” jelas Hana.

Setelah semuanya tercampur dengan rata, kemudian dibuat bola-bola kecil. Selanjutnya dimasukkan ke dalam air yang mendidih hingga cilok mengambang. Cilok yang mengambang, berarti sudah masak dan siap untuk dimakan.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...