Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sekolah Tatap Muka Pada 2021 di Kudus Bisa Digelar Jika Masyarakat Patuh 3M

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus mulai memberi lampu hijau untuk pelaksanaan sekolah tatap muka di semua jenjang pada 2021 mendatang.

Kebijakan itu disebut bisa diterapkan jika masyarakat Kudus semakin patuh pada penerapan protokol kesehatan 3M.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo mengaku secara pribadi sebenarnya sudah berani mengambil kebijakan sekolah tatap muka.

Hanya memang dengan sejumlah skema agar bisa menekan penularan virus Covid-19 tersebut.

Yakni dengan membatasi siswa yang masuk dengan sistem sif atau bergantian. Semisal jika dalam satu kelas berisi 30 orang, maka dibagi dua sif pada pagi dan sore hari.

“Kalau saya pribadi berani, asalkan diperketat protokol kesehatannya, memang guru harus bekerja ekstra, ini adalah tantangan di masa pandemi global seperti ini,” ucap Hartopo, usai menghadiri HUT PGRI di Gedung PGRI Kecamatan Kaliwungu, Sabtu (28/11/2020).

Selain itu, Hartopo juga menegaskan jika keputusan akhirnya akan disesuaikan dengan tingkat kepatuhan masyarakat Kudus akan 3M. Yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Jadi tergantung warga, kalau bisa meningkatkan kepatuhan protokol kesehatan dan angka kasusnya menurun tentu akan dilaksanakan, kita lihat nanti,” jelas dia.

Untuk diketahui Pemkab Kudus sebelumnya, menegaskan tak ingin buru-buru untuk membuka kembali sekolah di masa pandemi. Walau diketahui, ada wacana sekolah tatap muka mulai berlangsung di awal 2021 mendatang.

Pihak pemkab, baru akan mempertimbangkan sekolah tatap muka jika Kabupaten Kudus sudah berzona kuning atau bahkan hijau.

Baca: 34 SMA/SMK di Jateng Uji Coba Sekolah Tatap Muka, Izin Orang Tua Jadi Catatan Ganjar

Plt Kepala Disdikpora Kudus Harjuna Widada mengatakan tetap akan meminta izin pada Plt Bupati Kudus terlebih dahulu sebelum membuka sekolah tatap muka di 2021 mendatang.

Dengan jenjang yang direncanakan dibuka adalah PAUD, TK, SD, dan SMP. “Jika dimungkinkan dan diperbolehkan, akan menggunakan sistem sif dengan prokes yang ketat,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...