Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Soal Mutasi Ke-7 Virus Sars CoV-2, Satgas Covid-19 Jepara: Penularannya 20 Kali Lebih Cepat

MURIANEWS, Jepara – Perkembangan virus Covid-19 saat ini mulai menunjukan tingkat yang lebih berbahaya. Virus Sars CoV-2 yang merupakan biang dari virus Covid-19 dikabarkan telah bermutasi ke-7 hingga saat ini.

Mutasi ke-7 Virus Sars CoV-2 diketahui memiliki kecepatan penularan 20 kali lebih cepat dibanding sebelumnya. Karena itu, masyarakat diminta untuk semakin mewaspadai penyebaran virus ini.

Ketua Tim Ahli Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Jepara, dr M Fakhrudin menyatakan, mutasi Virus Sars CoV-2 ke-7 saat ini bahkan dipastikan sudah mulai muncul di wilayah Jawa Tengah.

Menurutnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah telah menyampaikan informasi ini ke seluruh daerah di Jawa Tengah untuk meningkatkan upaya penanganan virus ini secara serius.

Mutasi ke -7 Virus Sars CoV -2, oleh Dinkes Provinsi Jawa Tengah, disebutkan sudah menyebar di beberapa kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Mutasi ke-7 ini, memiliki tingkat virulensi atau keganasan yang lebih tinggi. Bahkan diperkirakan, virus ini memiliki tingkat keganasannya 10 kali lebih ganas dan tingkat penyebaran 20 kali lebih cepat.

“Berdasarkan pengamatan, penularan pada kontak erat dengan pasien Covid-19 biasanya terjadi karena tatap muka lebih dari 15 menit dengan jarak kurang dari 1 meter. Selain itu juga melalui sentuhan fisik dan upaya merawat langsung pada pasien tanpa mengenakan APD (Alat Pelindung Diri-red),” ujar dr M Fahrudin, Jumat (27/11/2020).

Karena itu, masyarakat Jepara diharapkan semakin meningkatkan kewaspadaannya terhadap penyebaran virus ini. Sikap menyepelekan terhadap virus ini, tidak saja akan membahayakan diri sendiri namun juga orang lain dan masyarakat.

Upaya mengatasi penyebaran virus ini harus dilakukan secara bersama dalam kerangka visi dan misi yang sama oleh masyarakat di semua tingkatan. Tanpa upaya seperti itu, maka penyebaran virus ini akan sulit dihentikan dalam waktu cepat.

Sementara itu, pada Kamis (26/11-2020) malam Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jepara, kembali melaporkan adanya penambahan kasus baru terkonfirmasi positif covid. Sesuai dengan hasil lab yang diterima Satgas Penanganan Covid-19 Jepara, ada 29 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19. Kasus-kasus ini melibatkan 28 warga Jepara dan 1 orang warga dari Semarang yang dirawat di Jepara.

Dengan demikian jumlah kasus terkonfirmasi positif covid 19 di Kabupaten Jepara secara keseluruhan mencapai 2.625 kasus, dengan 2.516 kasus diantaranya melibatkan warga Kabupatan Jepara. Sedangkan sisanya merupakan warga dari luar Jepara yang kebetulan di rawat di wilayah Jepara.

Dari jumlah keseluruhan, sebanyak 190 orang meninggal dunia ( 7,55 %), 1.955 orang dinyatakan sembuh, sementara 371 lainnya masih dalam penanganan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...