Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pencetakan KIA di Pati Baru 20 Persen

MURIANEWS, Pati – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pati saat ini tengah menggenjot pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA). Hal itu terjadi lantaran pencetakan KIA baru dilakukan 20 persen.

Sementara untuk data anak yang masuk di Dispendukcapil ada sebanyak 76.000. Data tersebut terdiri dari anak usia 0 hingga 5 tahun. Namun, jumlah tersebut dimungkinkan masih ada yang belum terdata.

Kepala Dispendukcapil Pati melalui Kasi Identitas Penduduk Maria Ulfa mengatakan, untuk kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saat ini sudah mencapai hampir 100 persen. Tetapi untuk KIA, memang masih sedikit.

“Dari data sekitar 20 persen. Karena itu pencetakan KIA tetap dilakukan di Kantor Capil Pati,” terangnya.

Ulfa menambahkan, pencetakan KIA akan bisa dilakukan di masing-masing kecamatan ketika persentase percetakannya sudah mencapai 50 persen. Sementara apabila kurang dari 50 persen, pencetakan KIA tetap di Kabupaten.

“Material blangko KIA masih terpusat di kabupaten. Alat cetaknya juga demikian,” imbuhnya.

Karena minimnya masyarakat yang membuat KIA ini, ia pun mengimbau agar bayi yang baru lahir dan belum berusia lima tahun, bisa didaftarkan. Pendaftaran bisa melalui online ataupun datang langsung ke kantor Dispendukcapil.

Untuk layanan online, masyarakat bisa mengakses laman http://pelayanan-dispendukcapil.patikab.go.id/. Setelah melakukan pengisian form yang ada di laman tersebut, selanjutnya bisa dicetak di kantor Dispendukcapil.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...