Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Angka Kematian Covid-19 di Jepara Bertambah, Satgas Minta Warga Waspadai Mutasi Virus Sars CoV-2

MURIANEWS, Jepara – Jumlah kasus meninggal karena Covid-19 di Kabupaten Jepara, menunjukan peningkatan dalam sepekan terakhir. Kecenderungan ini diharapkan menjadi perhatian semua lapisan masyarakat. Kewaspadaan terhadap Covid-19 harus kembali ditingkatkan, sehingga angka kematian yang meningkat ini bisa kembali ditekan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Jepara Moh Ali bahkan meminta warga mewaspadai kemungkinan terjadinya Mutasi ke-7 Virus Sars CoV-2. Berdasarkan informasi yang ada, dibandingkan dengan Virus Sars CoV-2 di awal pandemi, virus mutan ini, memiliki kemampuan 10 kali lebih virulen. Artinya virus yang bermutasi ini diketahui lebih ganas, lebih menimbulkan dampak parah dan 20 kali lebih cepat dalam transmisinya (penularannya).

Dalam situasi seperti ini, pihaknya menilai masyarakat harus berpacu dengan waktu dalam usaha antisipasi terhadap virus ini. Upaya penerapan protokol masyarakat yang saat ini masih saja dilanggar masyarakat harus benar-benar diterapkan.

Pihaknya berharap, masyarakat bisa benar-benar memahami masalah ini dengan baik. Penerapan protokol kesehatan adalah satu-satunya cara yang saat ini paling mungkin dilakukan didalam menekan penularan virus ini.

“Kami mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, bahwa virus ini telah mengalami mutasi ke-7 dan telah ditemukan menyebar di seluruh kab/kota di Jawa Tengah, termasuk Jepara. Jadi mari kita semua benar-benar merawat kehidupan. Dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan tempat tinggal sampai lingkungan kerja. Penerapan protokol kesehatan harus dilakukan dengan ketat,” ujar Moh Ali, Kamis (26/11/2020).

Berdasarkan data yang ada di Satgas Penanganan Covid-19 Jepara, dalam sepekan terakhir tercatat ada 16 kasus kematian terkait Covid-19. Jumlah ini merupakan yang tertinggi dari kasus-kasus yang ada di Kabupaten Jepara. Tambahan 16 orang meninggal, terjadi dalam kurun waktu 20 Novembver sampai 26 Nopember, membuat jumlah kasus kematian secara total di Kabupaten Jepara mencapai 188 orang.

Sementara itu, jumlah kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 yang terjadi di Kabupaten Jepara juga meningkat cukup signifikan dalam sepekan terakhir. Sampai Kamis (26/11/2020), jumlah keseluruhan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Jepara telah mencapai 2.488 orang.

Dengan 363 orang di antaranya masih dalam penanganan, dan 188 orang meninggal dunia. Pada Rabu (25/11/2020) malam, tercatat ada 22 kasus baru terkonfirmasi Covid. Melibatkan 20 orang warga Jepara dan dua orang warga dari luar Jepara.

Di luar angka 2.488 yang melibatkan warga Jepara, ada 126 warga dari luar Jepara yang diketahui terkonfirmasi positif Covid sejauh ini, ditemukan saat dalam perawatan di Jepara.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...