Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tenaga Kerja Asing di Pati Bakal Dikenai Retribusi 100 Dolar Per Bulan

MURIANEWS, Pati – Pemerintah Kabupaten Pati bersama dengan DPRD setempat tengah melakukan penandatanganan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait Retribusi Perpanjangan Izin Memperkerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA).

Perda ini dinilai penting untuk disahkan, sebagai upaya untuk mendongkrak pendapatan daerah. Mengingat, setiap TKA yang berada di Pati akan dimenai retribusi setara 100 Dolar Amerika per bulan.

Bupati Pati Haryanto menjelaskan, selama ini penggunaan TKA di Indonesia menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Khususnya TKA yang diperkerjakan oleh pemberi kerja TKA, seperti badan hukum atau lainnya dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain.

“Dalam hal ini, kebutuhan TKA diartikan sebagai suatu kebutuhan sekaligus juga tantangan,” katanya, Kamis (26/11/2020).

Dikatakan demikian lantaran TKA memang diperlukan dalam rangka membantu pengembangan serta pengalihan pengetahuan dan teknologi. Kemudian sebagai tantangan karena tenaga kerha lokal mesti bersaing dalam merebut pasar kerja.

“Apalagi saat ini pasar kerja lebih mengutamakan keahlian dan keterampilan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, penggalian pendapatan daerah melalui retribusi TKA ini adalah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak daerah dan Retribusi Daerah. Selain itu juga sesuai dengan peraturan pemerintah Nomor 97 Tahun 2012.

“Dalam regulasi itu, besaran retribusi yang dipungut adalah 100 Dolar Amerika per bulan per orang. Sehingga retribusi ini cukup besar untuk pendapatan daerah,” ungkapnya.

Sekalipun perda TKA tersebut sudah disetujui antara eksekutif dan legislatif, tetapi sebelum ditetapkan oleh bupati harus mendapat evaluasi Gubernur sebagai wakil dari pemerintah pusat.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...