Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Jepara Jalani Uji Publik KIP Jateng

MURIANEWS, Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara menjalani uji publik keterbukaan informasi yang digelar Komisi Informasi Publik (KIP) Jateng. Selain KPU Jepara, empat KPU di Jateng yakni KPU Kabupaten Banyumas, KPU Kabupaten Cilacap, KPU Kabupaten Karanganyar, dan KPU Kabupaten Banjarnegara juga mengikuti uji publik yang digelar secara daring, Kamis (26/11/2020).

Titi Anggraini, Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) yang menjadi salah satu tim penguji menjelaskan, proses uji publik ini juga untuk mendorong lembaga publik. Khususnya KPU untuk benar-benar mengelola informasi secara optimal dan mudah diakses.

“KPU ini sangat kaya akan data dan informasi terkait Pilkada dan Pemilu. Kekayaan data data ini menjadi tantangan KPU untuk bisa mengelolanya. Data yang melimpah ini harus dikelola secara optimal, baik dari sisi manfaat, kemudahan akses maupun keberlanjutannya,” kata Titi Agraini, melalui saluran internet, Kamis (26/11/2020).

Selain Titi Anggraini, penguji lainnya ada Kaka Suminta dari Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), serta Handoko Agung S dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah. MURIANEWS berkesempatan mengikuti acara ini melalui sistem daring yang digelar di Aula KPU Jepara.

Handoko Agung S, dalam kesempatan itu, menanyakan standard yang digunakan KPU, terutama komisioner dalam pengadaan barang dan jasa untuk jenis yang penunjukan langsung ataupun melalui Sistem Layanan Pengadaan secara Elektronik (LPSE). Pertanyaan ini kemudian mendapatkan jawaban dari masing-masing KPU yang menjalani uji publik secara daring.

Ketua KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri menyatakan, uji publik ini positif sebagai parameter seberapa terbuka KPU dalam melayani kebutuhan data dan informasi dari masyarakat. Selain itu uji publik juga menjadi titik yang strategis untuk mengevaluasi kekurangan-kekurangan. Sehingga KPU bisa melakukan upaya untuk memperbaiki atau menutup celah yang ada tersebut.

“Muara dari semua ini adalah pengelolaan data yang baik di internal badan publik, serta mutu pelayanan kepada publik. KPU Jepara tentu saja akan mengambil pelajaran dari kegiatan ujipublik ini, sehingga ke depan pelayanan informasi yang kami lakukan bisa semakin baik ,” kata Subchan Zuhrie.

 

Reporter: Budi Erje
Esitor: Supriyadi

Comments
Loading...