Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Zona Merah, Pembelajaran Tatap Muka di Pati Belum Tentu Dimulai Awal Januari 2021

MURIANEWS, Pati – Sekalipun sudah ada Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri terkait pembelajaran tatap muka di awal Januari 2021 mendatang, tetapi pemerintah Kabupaten Pati belum bisa memastikan akan mengikuti keputusan tersebut atau tidak. Pasalnya, hingga saat ini Bumi Mina Tani masih berstatus sebagai zona merah.

Diketahui, SKB tersebut berdasarkan kesepatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Aturan terkait pembelajaran tatap mula juga sudah dituangkan dalam SKB tersebut.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pati Haryanto mengatakan, masih pelru adanya kajian ulang penerapan pembelajaran tatap muka di Pati. Terlebih, jika melihat situasi dan lonjakan kasus yang kian meninggi.

“Saya masih belum. Sekalipun boleh dari Kementerian (Pendidikan dan Kebudayaan), tapi nanti kita lihat perkembangannya dulu,” katanya.

Padahal, sebagai Kepala daerah, pihaknya mempunyai kewenangan penuh untuk memberlakukan pembelajaran tatap muka setelah terbitnya SKB empat menteri tersebut. Namun, diakui memang cukup banyak klaster dari guru selama ini.

“Karena rata-rata yang tatap muka itu menjadi klaster,” ungkapnya.

Dirinya juga mengetahui bahwa selama ini ada lembaga pendidikan yang secara diam-diam melakukan pembelajaran tatap muka. Padahal, hal ini justru sangat berbahaya untuk penyebaran Covid-19.

“Kami akan terus memantau perkembangan. Kalau memang situasinya sudah aman untuk pembelajaran tatap muka, maka akan kami bolehkan. Tapi kalau belum, ya tunggu dulu,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...