Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pembahasan APBD Kudus 2021 Ditarget Rampung Besok

MURIANEWS, Kudus – Pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kudus 2021 ditargetkan rampung Jumat (27/11/2020) besok. Sehingga bisa segera ditetapkan pada rapat paripurna.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus Masan menyatakan, saat ini memang masih ada beberapa pembahasan RAPBD 2021 di Badan Anggaran (Banggar).

Namun,  pihaknya tetap optimistis pembahasan tersebut bisa diselesaikan lebih awal dari target sebelumnya.

“Ketika Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Kudus siap, rancangan APBD tahun 2021 justru bisa disahkan malam nanti,” ucap Masan Kamis (26/11/2020).

Namun apabila belum siap, lanjut dia, pihaknya menarget RAPBD 2021 disepakati besok dan bisa disahkan di rapat paripurna DPRD pada hari yang sama.

“Jadi ketika APBD 2021 bisa disahkan sesuai target waktu, maka pelaksanaan kegiatan tahun anggaran 2021 juga bisa dilaksanakan lebih awal,” katanya.

Jika pelaksanaannya bisa dilakukan dengan cepat, maka pemulihan ekonomi bisa dilakukan dengan cepat. Kemudian untuk kegiatan infrastruktur juga bisa segera dilaksanakan.

“Hal tersebut juga dilakukan agar waktu pengerjaannya tidak tergesa-gesa, sehingga memiliki cukup waktu dan kualitasnya juga baik,” jelas dia.

Dalam rancangan APBD 2021, target pendapatan daerah pada tahun anggaran 2021 ditargetkan sebesar Rp1,67 triliun. Atau turun sebanyak 14,38 persen dibandingkan target tahun anggaran 2020. Yakni sebesar Rp1,95 triliun.

Faktor penyebab turunnya target pendatan daerah, di antaranya karena penerimaan pendapatan dari lain-lain pendapatan daerah yang sah pada tahun 2021, tidak diproyeksikan dalam target pendapatan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...