Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Grobogan Raih Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik

MURIANEWS, Grobogan – Daftar penghargaan yang diraih Pemkab Grobogan bertambah. Terbaru, Pemkab Grobogan meraih penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020.

Penghargaan diserahkan oleh Menpan RB Tjahjo Kumolo di Gedung Tribrata Jakarta kepada Pjs Bupati Grobogan Haerudin, Rabu (25/11/2020).

Inovasi yang dilakukan adalah terkait pengelolaan pascapanen komoditas pertanian melalui sistem resi gudang (SRG) di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Grobogan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Grobogan Pradana Setyawan mengatakan, permasalahan saat panen raya adalah turunnya harga, banyaknya tengkulak dan spekulan yang memainkan harga pasar. Kemudian, berkurangnya stok pangan daerah karena habis dibeli tengkulak luar kota.

Terkait kondisi itulah, pihaknya menghadirkan SRG untuk mengurai permasalahan tersebut.

Meski demikian, dalam perkembangan dari tahun 2010-2017, SRG berjalan stagnan dan hanya sedikit petani yang memanfaatkannya.

Selanjutnya, dilakukan implementasi SRG yang disesuaikan dengan kondisi riil di Grobogan dengan inovasi yang diterapkan.

Yaitu, menerapkan tiga pilar dalam operasional (social, business, education), merangkul investor untuk perkuatan modal serta melakukan branding dan promosi.

Dijelaskan, fasilitasi pengangkutan, kemudahan uji mutu, pengembangan pola kemitraan bayar saat panen atau ‘yarnen’ merupakan aksi dalam inovasi sosial.

Sedangkan produk beras SRIKANDI dan kemitraan dengan PT Mitra Bumdes Nusantara adalah aksi di bidang business. Sementara pemberdayaan petani, poktan, gapoktan maupun koperasi adalah aksi dari pilar edukasi.

“Dengan inovasi ini, SRG Grobogan dijadikan tempat pembelajaran dan banchmarking pengelolaan SRG se-Indonesia,” jelasnya.

Pejabat yang akrab disapa Danis itu menambahkan, sampai saat ini, SRG Grobogan memiliki stakehorders seperti perbankan, Bulog, Koperasi Mitra Bumdes Nusantara, Poktan, Gapoktan, Penyuluh Pertanian dan Penyuluh SRG.

Sejauh ini, SRG tercatat telah mengedukasi 350 petani, 2 poktan, 2 gapoktan, 1 koperasi dan 7 kabupaten lain di Jateng. Yakni, Kabupaten Kebumen, Pemalang Pekalongan, Demak, Jepara, Rembang dan Blora.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...