Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Kudus Tak Akan Buru-Buru Buka Sekolah pada 2021

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus kembali menegaskan tak ingin buru-buru untuk membuka kembali sekolah di masa pandemi. Meskipun pemerintah pusat telah memperbolehkan sekolah tatap muka mulai berlangsung di awal 2021 mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt( Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, pihaknya baru akan mempertimbangkan sekolah tatap muka jika Kabupaten Kudus sudah berzona kuning atau bahkan hijau.

Sebelum itu, pihaknya ingin semua elemen terkait memfokuskan diri untuk menekan angka penularan corona di Kudus. Apalagi kini, trennya tengah naik menjadi 200 kasus.

“Tentu ada banyak pertimbangan, tapi yang terpenting adalah menekan kasus terlebih dahulu,” ucap Hartopo Rabu (25/11/2020).

Pihaknya pun tidak menutup kemungkinan jika pada awal Januari 2021 belum ada perubahan zona, maka sekolah tatap muka bisa saja belum terlaksana.

Sampai saat ini sendiri, Kabupaten Kudus masih berstatus zona oranye dengan tingkat penularan virus corona tingkat sedang.

Walau demikian, pihaknya tetap menginstruksikan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus untuk melakukan persiapan.

“Terutama ketersediaan sarana dan prasarana dalam penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah,” katanya.

Sementara Pkt Kepala Disdikpora Kudus Harjuna Widada mengatakan tetap akan meminta izin pada Plt Bupati Kudus terlebih dahulu sebelum membuka sekolah tatap muka di 2021 mendatang.

Dengan jenjang yang direncanakan dibuka adalah PAUD, TK, SD, dan SMP. “Jika dimungkinkan dan diperbolehkan, akan menggunakan sistem sif dengan prokes yang ketat,” tandasnya.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...