Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PSN Idealnya Dilakukan Sepekan Sekali Selama Musim Hujan

MURIANEWS, Kudus – Memasuki musim hujan, pemberantasan sarang nyamuk (PSN) idealnya dilakukan sepekan sekali. Hal itu dilakukan sebagai upaya mencegah kasus demam berdarah.

“Saat musim hujan idealnya PSN dilakukan sepekan sekali supaya populasi nyamuk tidak banyak,” kata Pengelola Program Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Ruwisno, Rabu (25/11/2020).

Dia menyebut, ada beberapa tempat yang biasanya berpotensi menjadi tempat bersarangnya nyamuk. Mulai dari tempat penampungan air, tumpukan ban bekas, tumpukan pakaian, tumpukan kertas, belakang kulkas, dan bak mandi.

Menurut dia, sejauh ini ada tiga kecamatan yang memiliki kasus demam berdarah paling banyak. Yakni Kecamatan Kota, Kecamatan Jati, dan Kecamatan Bae.

“Tiga kecamatan itu sulit melakukan PSN karena di daerah tersebut mobilitas masyarakatnya tinggi,” ujar dia.

Menurut dia langkah PSN seperti mengubur, menguras, dan menutup menjadi cara efektif menekan demam berdarah. Ruwisno berharap dengan adanya musim penghujan, kasus demam berdarah dapat ditekan.

“Harapan kami mengingat saat ini memasuki musim hujan yang menyebabkan terjadinya demam berdarah, tidak sampai menyebabkan kematian,” harapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...