Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

UMKM di Kudus Tak Lolos BPUM Masih Punya Kesempatan Dapat Bantuan dari JPE

MURIANEWS, Kudus – Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Kudus yang tidak lolos saat mengajukan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) masih punya kesempatan untuk mendapat bantuan dari program Jaring Pengaman Ekonomi (JPE).

Namun, tidak semua peserta BPUM yang tidak lolos mendapatkan JPE. Sebab, kuota JPE hanya tersedia 4.666 saja.

Kuota JPE sebanyak 4.666 itu dialokasikan dari Dana Tak Terduga APBD Kudus 2020 sebesar Rp 7 miliar. Sasaran JPE diutamakan kepada UMKM yang tidak lolos BPUM.

Kepala Bidang Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi UKM Kabupaten Kudus Rofiq Fachri mengatakan, tidak semua peserta BPUM yang tidak lolos langsung mendapatkan JPE. Sebab, seleksi tetap diberlakukan.

“Kuotanya kan 4.666 saja. Dan kami tetap lakukan verifikasi lagi,” katanya kepada MURIANEWS, Rabu (25/11/2020).

Lebih lanjut, menurut dia tujuan JPE guna memberikan semangat bagi pelaku usaha yang terdampak karena adanya pandemi.

“Saat ini kan masih banyak pelaku usaha yang terdampak karena pandemi. Jadi kami upayakan lewat JPE untuk meningkatkan sektor ekonomi bagi masyarakat, sehingga mereka bisa bangkit lagi,” ujarnya.

Rofiq menambahkan, saat ini untuk JPE masih dalam tahap administrasi. Persyaratan yang diberlakukan tidak jauh berbeda dengan BPUM. “Saat ini baru proses admnistrasi terkait SK penetapan dan pendataan pelaku usaha,” terangnya.

Baca: Tak Input Online, Berkas Pemohon BPUM di Kudus Tak Akan Dikirim ke Kementerian

Bagi pelaku UMKM di Kudus yang nantinya lolos dan mendapatkan JPE bakal dikucur Rp 1,5 juta per orangnya. JPE ini nantinya bakal disalurkan dua tahap. Untuk tahap pertama rencananya akan disalurkan ke 1.500 pelaku UMKM.

Rofiq berharap dengan adanya bantuan JPE ini dapat membantu pelaku usaha yang terdampak pandemi.

“Harapan kami pelaku UMKM di Kudus yang terkena pandemi bisa pulih kembali. Seperti pedagang di sekitar sekolah dan di sekitar tempat wisata yang ditutup dapat terbantu lewat JPE. Sehingga roda ekonomi kembali berjalan,” harapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...