Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Siswa SD di Kudus Ini Punya Segudang Prestasi di Bidang Matematika

MURIANEWS, Kudus – Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat salah seorang siswa SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus, untuk tetap belajar dan meraih prestasi.

Siswa tersebut bernama Jupiter Arshavino Raditya Mustofa (10). Meski baru duduk di bangku kelas 5 SD, Vino sapaan akrabnya sudah mempunyai segudang prestasi di bidang matematika.

Puluhan medali dan piala telah dikoleksinya dari berbagai ajang kompetisi matematika mulai tingkat daerah, provinsi, hingga nasional.

Yang terakhir, ia mampu menyabet medali emas diajang Kompetisi Matematika Terbuka (KMT) Jateng-DIY 2020 yang diadakan secara virtual yang digelar 15 November 2020 lalu.

Vino menceritakan, mulai mengikuti berbagai perlombaan dan kompetisi matematika sejak masih duduk di bangku kelas 1 SD. Sebab matematika pelajaran yang sangat disukainya.

Saat itu, ia gagal mencapai final. Meski sempat kecewa, hal tersebut dijadikan sebagai penyemangat untuk lebih semangat belajar dan mengukir prestasi.

“Karena matematika itu seru dan saya sangat menyukainya. Yang paling cukup sulit itu, Aljabar. Di even yang sama tahun-tahun lalu saya juga meraih medali, jadi saya sudah optimistis dan harus bisa,” katanya, Selasa (24/11/2020).

Selama pandemi setiap harinya ia tetap belajar. Bahkan saat merasa kesulitan ia tak segan datang ke sekolahan untuk menemui gurunya dan meminta untuk menjelaskan agar lebih paham.

“Setiap harinya tetap belajar mulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB. Pas persiapan kompetisi kemarin, saya rutin mengerjakan soal latihan dan mengikuti pembinaan-pembinaan kompetisi lewat daring,” ucapnya.

Sementara ketika menjelang ajang kompetisi matematika digelar, lebih tepatnya satu hari sebelumnya. Ia lebih memilih menggunakan waktu di hari tersebut untuk beristirahat.

“Beberapa pekan sebelum lomba itu saya rutinkan mengerjakan soal dan belajar lebih giat. Tapi H-1 sebelum lomba malah tidak belajar, saya gunakan untuk istirahat mempersiapkan hari esok,” ujar siswa yang tinggal di  Graha Mekar Indah, Desa Prambatan kidul, Kecamatan Kaliwungu, Kudus ini.

Dengan medali dan piala banyak yang sudah diraihnya, Vino merasa bangga. Namun, hal itu tak membuatnya puas, ia masih ingin meraih prestasi-prestasiselanjutnya hingga ke tingkat internasional.

“Cita-cita saya menjadi seorang ilmuan, ini saya juga mulai tertarik dan belajar di dunia programmer,” tandasnya.

 

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...