Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Keren, Pati Punya Wisata Arsip Galeri Pati Mbiyen

MURIANEWS, Pati – Dinas Arsip dan Perpustakaan (Dinas Arpus) Kabupaten Pati mempunyai wisata arsip Galery Pati Mbiyen. Wisata ini adalah bentuk komitmen untuk menyajikan arsip Pati tempo dulu agar bisa diakses oleh masyarakat luas.

Kepala Dinas Arpus Suwanto mengatakan, tempat wisata itu sudah dibuka pada pertengahan November lalu. Lokasinya berada di Gedung Joeang 45 Jalan Jendral Sudirman Nomor 61 Pati. Pengunjung bisa hadir pada hari biasa pada pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

“Koleksi arsip baru 20 persen. Tetapi masyarakat bisa bernostalgia bagaimana seharah Pati tempo dulu melalui galeri arsip yang kami sediakan,” katanya, Selasa (24/11/2020).

Galeri Pati Mbiyen ini mempunyai konsep destinasi wisata yang bersifat edukatif. Di mana masyarakat dapat menambah pengetahuan tentang sejarah dan mengetahui adanya arsip penting terbentuknya Kabupaten Pati.

Para pengelola foto di depan motif batik Bakaran (MURIANEWS/ISTIMEWA)

“Melalui media wisata arsip ini Dinas Arpus Pati sesuai dengan Perda Kabupaten Pati Nomor 5 Tahun 2018 Pasal 40 dan 41,” terangnya.

Dengan adanya wahana wisata arsip ini diharapkan informasi tentang koleksi arsip Dinas Arpus tersampaikan kepada masyarakat dengan penyajian secara ringan dan menghibur. Adapun konten Galeri Pati Mbiyen ini masih berupa media visual dua dimensi seperti foto-foto Pati masa Kolonial.

Ada juga koleksi Pati Masa Revolusi 1945-1949, Pati Retro yang berupa foto-foto Pati bernuansa tahun 1980 sampai dengan 90an, foto Bupati Pati dari Masa ke Masa, Poster Informatif peristiwa bersejarah yang terjadi di Pati.

“Seperti Penobatan RM Garendi Raja Mataram di Pati, peristiwa pertempuran Bageng, peristiwa penurunan bendera hinomaru di rumah Residen Pati,” imbuhnya.

Agar pengunjung betah di dalamnya, tersedia juga wahana photo booth Stasiun Juana tahun 1930 dan Wall of batik yang memamerkan bingkai aneka motif Batik Bakaran sebagai sarana selfie atau foto pengunjung.

“Konten Galeri Pati Mbiyen ini memang baru sedikit, karena menyesuaikan anggaran perubahan Dinas Arpus tahun 2020. Harapannya depan konten materi yang akan dipamerkan akan bertambah dan variatif. Tidak hanya media visual 2 dimensi saja tetapi juga akan hadir media 3 dimensi,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...