Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Soal Pengurangan Libur Akhir Tahun, Pemkab Kudus Tunggu Instruksi Pusat

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus masih menunggu instruksi langsung dari Pemerintah Pusat terkait pemangkasan hari libur di akhir tahun 2020 ini.

Libur panjang akhir tahun tersebut, bertepatan dengan libur nasional Hari Raya Natal dan libur pengganti Hari Raya Idul Fitri, serta libur Tahun Baru 1 Januari 2021.

Kepala Bidang Pembinaan Pegawai dan Dokumentasi Pegawai pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kudus Puji Astuti Setijaningrum menjelaskan,  untuk sementara pihaknya masih menunggu surat resmi dari pemerintah pusat.

Puji menyebut, surat terakhir yang pihaknya keluarkan untuk pengumuman cuti adalah pada bulan Mei 2020 lalu.

Yakni berdasarkan keputusan bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara Nomor 440 Tahun 2020.

“Jika tidak ada pengurangan, total libur ASN Kudus berjumlah sebelas hari, ASN masuk kerja pada tanggal 4 Januari,” kata Puji, Selasa (24/11/2020).

Pihaknya pun memperkirakan apabila terjadi pengurangan hari libur, kemungkinan besar akan diambilkan dari cuti Lebaran yang jatuh di tanggal 28, 29, dan 31 Desember 2020 mendatang.

“Kemungkinan memang di sana, tapi untuk lebih pastinya kami akan menunggu instruksi dari pusat,” tandasnya.

Untuk diketahui, pemerintah pusat memutuskan untuk mengurangi liburan panjang akhir tahun 2020 mendatang. Kebijakan tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, Senin (23/11/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi meminta agar keputusan ini segera dikoordinasikan dengan kementerian dan lembaga terkait.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...