Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Banjir Bandang, Jembatan Karangwinong Pati Ambrol

MURIANEWS, Pati – Jembatan Karangwinong yang merupakan jembatan penghubung antara Dukuh Carikan dan Desa/Kecamatan Kayen, ambol usai diterjang banjir bandang, Senin (23/11/2020) malam kemarin. Akibatnya, jembatan harus ditutup untuk sementara.

Kepala Pelaksana Harian (Plh) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Martinus Budi Prasetya mengatakan, intensitas hujan di wilayah Pati selatan pada pukul 21.00 WIB semalam, cukup tinggi. Sehingga terjadi banjir bandang di beberapa wilayah Kecamatan Kayen.

Namun, yang paling parah adalah di Dukuh Carikan, Desa/Kecamatan Kayen. Jembatan Karangwinong ambrol pada bagian penyangga jembatan. Sehingga, kondisi antara jalan dan jembatan sudah berjarak.

“Jembatannya ambrol cukup parah dan terputus. Karena antara jalan dengan sungai sudah berjarak cukup lebar dan tidak bisa dilewati lagi,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa (24/11/2020).

Jembatan Karangwinong terputus usai tiang penyangga ambrol. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

Saat ini, pihaknya bersama relawan lain sedang melakukan peninjauan lapangan untuk memastikan kondisi jembatan tersebut. Selain itu juga memastikan apakah jembatan itu milik kabupaten ataukah desa.

“Kalau masuk milik kabupaten, maka kami akan membuat rekomendasi perbaikan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR). Tapi kalau jembatan itu milik desa, kami akan rekomendasikan ke desa,” terangnya.

Dari informasi yang dihimpun, ambrolnya jembatan Karangwinong tersebut lantaran terdapat penyumbatan sampah bambu pada tiyang tengah penyangga jembatan. Sementara aliran air dari pegunungan cukup deras.

Karena itu, air kemudian meluber hingga ke bagian pinggi jembatan yang menyebabkan penyangga bagian samping ambrol. Bahkan tanah yang berada di dekat jembatan itu juga terkikis air.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...