Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kopi Robusta Muria Ini Pernah Sabet Prestasi Tingkat Nasional

MURIANEWS, Kudus – Kopi Robusta Muria pernah sabet prestasi di ajang kopi yang digelar di Jakarta tahun lalu. Kopi Robusta Muria menyabet juara harapan II di tingkat Nasional.

Menurut salah seorang petani Kopi Robusta, John Priyono ada banyak variabel yang dinilai saat ajang kopi tingkat nasional itu. “Variabel yang menjadi penilaian banyak. Salah satunya kualitas cita rasa,” katanya, Sabtu (21/11/2020)

Menurut dia, kopi robusta memiliki keistimewaan. Sebab, biji kopi yang dipetik di perkebunan adalah biji kopi yang sudah bewarna merah. Kemudian pengupasan kulitnya dilakukan dengan cara modern.

“Ketika roasting pakai mesin modern. Tidak lagi memakai mesin manual. Sehingga kematangan biji kopinya bisa disesuaikan,” ujarnya.

Lebih lanjut, John mengatakan kopi robusta ini ketika diminum bermanfaat bagi kesehatan. “Kalau diminum tanpa gula, khasiatnya bagus untuk kesehatan. Kalau ada yang bilang minum kopi bikin sakit lambung itu karena cara mengolah kopinya tidak benar,” ujar dia.

Untuk per cup kopi robusta ini dijual seharga Rp 5 ribu. John berharap Kopi Robusta semakin berkembang. “Harapannya di Desa Japan Kudus ini semakin berkembang dan semakin banyak coffee shop,” harapnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...