Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Terkesan dengan Pamelo, Bupati Haryanto: Habib Syech Sebut Jeruk Surga

MURIANEWS, Pati – Jeruk pamelo memang menjadi salah satu buah khas di Desa Bageng, Kecamatan Gembong. Selain mempunyai bentuk yang besar, teksturnya juga sangat lembut dan rasanya lebih manis.

Selain itu, jeruk pamelo asal Bageng juga tidak berbiji. Sehingga akan lebih mudah untuk dimakan, baik saat santai maupun untuk jamuan tamu.

Karena rasa dan teksturnya yang khas, oleh Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf menyebutnya sebagai jeruk surga. Penyebutan itu sering kali didengar oleh Bupati Pati Haryanto saat mertamu maupun ketika ada acara Habib Syech di Bumi Mina Tani.

“Kalau Habib Syech menyebut sebagai jeruk surga. Sering (disebut), pokoknya kalau saya ketemu beliau, pasti yang ditanyakan jeruk surga (pamelo), bukan yang lain,” katanya usai menetapkan Bageng sebagai desa wisata, Sabtu (21/11/2020).

Menurutnya, pernyataan tersebut menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi, seorang habib sudah menyamakan pamelo sebagai jeruk surga, itu sangat luar biasa. Padahal, ada juga jeruk bali dengan bentuk yang sama dan besar yang tidak jauh berbeda, tetapi dari kualitas rasa dan teksturnya, pamelo lebih unggul.

“Kalau makanan yang lain kan sudah sering makan, tapi kalau pamelo ini kan jarang. Karena itu, kalau saya ketemu beliau, paati yang ditanyakan jeruk surga,” imbuhnya.

Memang, kalaupun bibit jeruk pamelo ini ditanam di desa atau daerah lain, akan tetap hidup dan berbuah. Tetapi dari kualitas rasa, akan jauh berbeda dengan jeruk pamelo yang ada di Desa Bageng.

“Mungkin karena faktor tanah juga bisa. Tapi kalau di Bageng ini jeruknya benar-benar enak, tekturnya beda dengan jeruk pamelo yang ada di desa lain,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...