Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bupati Pati Tetapkan Bageng Sebagai Desa Wisata

MURIANEWS, Pati – Bupati Pati Haryanto menetapkan Desa Bageng, Kecamatan Gembong sebagai desa wisata, Sabtu (21/11/2020). Penetapan itu sebagaimana tertuang dalam Keputusan Bupati Pati Nomor 556/3173 Tahun 2020.

Haryanto mengatakan, penetapan desa wisata ini sebenarnya sudah ketiga kalinya. Pertama di Desa Talun Kecamatan Kayen, Desa Tunggulsari Kecamatan Kayen, dan Desa Bageng Kecamatan Gembong. Di Bageng ini, ada wisata yang sangat bagus, yakni jeruk pamelo.

“Jeruk pamelo ini tiada duanya. Ini sudah lama dikenal di luar daerah, bahkan kami sempat beradu argumen karena sempat jeruk pamelo ini diakui oleh daerah lain,” terangnya.

Wisata ini patut dikembangkan bersama, terurama untuk petik jeruk pamelo. Menurutnya, hal itu tidak harus membutuhkan lahan yang luas untuk menanam jeruk. Tetapi cukup dengan setiap orang menanam jeruk di depan rumah masing-masing.

“Tidak perlu muluk-muluk. Kalau konsep ini bisa berjalan, nanti akan berkembang baik. Tadi juga dilaporkan di Bageng ada wisata alam, tetapi yang paling menarik menurut saya adalah wisata jeruk pamelo,” ungkapnya.

Dirinya berharap, potensi desa ini benar-benar bisa dimaksimalkan. Apalagi sudah mendapatkan legalitas sebagai desa wisata. Karena jeruk pamelo ini suatu anugrah yang tidak bisa dimiliki oleh desa lain.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Pati Slamet Singgih Purnomojati mengatakan, setelah melalui evaluasi, verifikasi dan penilaian lapangan, Bageng terpilih sebagai desa wisata. Selain itu,

Kendati demikian, pengelola dalam hal ini juga harus memiliki komitmen untuk menerapkan satapesona dan penerapan protokol kesehatan secara konsisten. Sebab, apabila tidak memperhatikan hal ini, desa wisata bisa dicabut.

“Harapannya, bisa muncul desa wisata yang kreatif, inovatif, maju dan mandiri. Selain itu juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan ekonomi masyarakat pedesaan,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...