Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sinergi Tiga Pilar Jadi Kunci Cegah Corona di Kudus

MURIANEWS, Kudus – Sinergi tiga pilar antara TNI, Polri, dan Pemerintah daerah (Pemda) Kudus menjadi kunci untuk mencegah penyebaran virus corona di Kota Kretek. Hal itu disampaikan saat live talkshow Ubah Laku di Era Baru edisi ketujuh yang digelar, Jumat (20/11/2020).

Tamu spesial yang datang kali ini yakni Dandim 0722/Kudus Letkol Kav Indarto dan Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma. Seperti biasanya acara kembali dipandu oleh Pemred MURIANEWS Deka Hendratmanto.

Di talkshow yang berlangsung selama satu jam itu membahas sinergi antara tiga pilar sebagai garda terdepan untuk menanggulangi corona.

Salah satu bentuk sinergitas yang dilakukan TNI-Polri bersama Pemda untuk mencegah penyebaran virus corona itu dengan cara melakukan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat. Utamanya di daerah yang berpotensi terjadi kerumunan.

“Kodim selalu mengupayakan warga agar tertib menjalankan protokol kesehatan. Harus lebih ekstra keras lagi melakukan sosialisasi. Karena masyarakat saat ini cenderung bosan. Jadi mau tidak mau harus lebih ekstra,” kata Dandim 0722/Kudus Letkol Kav Indarto, Jumat (20/11/2020).

Lebih lanjut, Kodim juga mendirikan tempat karantina di RS Kartika Husada. “Awal pandemi sekitar Maret kami dirikan tempat karantina sebagai bentuk kerja sama Kodim dengan Satgas Penanggulangan Covid-19,” sambungnya.

Menurutnya, sudah menjadi tugas TNI juga untuk dilibatkan di bidang kebencanaan. “Tugas pokok TNI di UUD 1945 di pasal 7 ayat 2 itu ikut membantu pemerintah daerah. Apalagi ini kan wabah nasional. Kami juga ada pelatihan kebencanaan kepada anggota,” terang dia.

Di lain sisi, Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma menyampaikan pihaknya bersama TNI dan Pemda terus meningkatkan sosialisasi.

“Kami memaklumi masyarakat secara psikologi merasa bosan. Tapi mau tidak mau suka tidak suka TNI, Polri, dan Pemda selalu getol untuk tetap mengimbau agar tetap memakai masker

Inisiatif yang baik juga dilakukan oleh Polres Kudus dengan membentuk relawan pemulasaran. “Berawal dari ada yang menolak jenazah covid, atas dasar kemanusiaan kami membentuk relawan pemulasaran jenazah,” terang dia.

Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi protokol kesehatan lewat operasi zebra.

“Operasi zebra untuk tahun ini lebih kepada sosialisasi untuk meminimalisir pencegahan virus corona,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...