Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dua Karateka Jepara Perkuat Tim PON Jawa Tengah

MURIANEWS, Jepara– Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki) Jepara berhasil membawa dua atletnya menjadi bagian dari Tim Karate Jawa Tengah di arena PON (Pekan Olahraga Nasional) Papua 2021. Mereka saat ini masih menjalani program TC (Training Centre) Desentralisasi di Jepara.

Dua orang karateka asal Forki Jepara yang menjadi bagian Tim Pon Jateng tersebut adalah Farizal Wahyu Adika (komite dan 84 kg senior) dan Hera Ernanda (komite dan 64 kg senior putri).

Menurut Luluk Agus Yulianto, pelatih sekaligus Wakil Ketua Umum II (Bidang Pembinaan Prestasi) di Forki Jepara, dua karateka tersebut merupakan andalan Jepara. Sejak beberapa tahun terakhir, mereka menunjukan prestasi cukup bagus di berbagai ajang, hingga akhirnya terpilih sebagai bagian dari Tim Karate PON Jawa Tengah.

Farizal Wahyu Adika akan turun di nomor Kumite + 84 kg putra. Sedangkan Hera Irnanda akan turun di nomor kumite + 64 kg putri.

Karena masih dilingkupi masa pandemi, persiapan dua karate ini sementara waktu dilakukan dengan TC Desentralisasi. Masing-masing atlet diserahkan ke daerah untuk mempersiapkan diri. Saat ini dua atlet berlatih secara periodic lima kali selama sepekan.

Dalam masa TC Desentralisasi ini mereka ditangani oleh pelatih Niko Hendratmo di Honbu Dojo Garuda, Bangsri. Mereka berlatih bersama atlet-atlet Jepara yang juga dipersiapkan untuk menghadapi Porprov Jawa Tengah 2022.

“Mereka ini termasuk merupakan atlet nasional, karena pernah bertanding di Jepang, Vietnam, Kroasia dan Thailand. Bahkan Farizal sempat dipanggil platnas. Karena itu, meski tidak mudah, kami menargetkan mereka bisa meraih medali emas di PON Papua nanti. Kami juga akan melakukan pendampingan menambah try-out ke luar negeri. Tahun depan rencana kami akan bawa mereka ke Vietnam atau Thailand. Sehingga mereka siap di arena PON Papua,” ujar Luluk Agus Yulianto, Rabu (18/11/2020).

Sementara itu, Ketua Umum Forki Jepara, Junarso menyatakan sangat mendukung perjuangan dua atlet karateka Jepara ini. Pihaknya berharap mereka bisa mencetak prestasi saat berlaga di arena PON Papuan 2021 mendatang.

Forki Jepara menaruh harapan besar dua atlet ini bisa meraih medali emas di PON Papua, yang akan mereka ikuti. Untuk itu pihaknya akan memberikan dukungan penuh, sehingga pada akhirnya mereka bisa membawa nama harum daerah dan negara.

“Kedua atlet tersebut merupakan atlet nasional junior. Jadi, kendati PON Papua ini adalah arena PON pertama bagi mereka, tapi saya yakin mereka mampu berbuat banyak untuk meraih medali emas. Kami tetap optimis, meski untuk mewujudkannya juga tidak mudah,” ujar Junarso, dalam kesempatan yang sama.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...