Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Inovatif, Warga Pati Ini Olah Bunga Telang Jadi Martabak Manis

MURIANEWS, Pati – Bunga telang biasa tumbuh subur di pekarangan rumah ataupun di pagar pinggir jalan. Namun, tidak banyak yang mengetahui manfaat dan kandungannya.

Di tangan Sulistyasih, bunga telang itu justru diolah menjadi campuran martabak manis. Caranya adalah dengan diekstrak kemudian kandungan airnya digunakan sebagai bahan campuran membuat martabak.

Sebagai penjual martabak di Desa Pasucen, Kecamatan Trangkil, Sulistyasih memang sengaja mencampurkan estrak bunga telang itu lantaran kaya manfaat. Apalagi untuk bahan dasar, saat ini sangat mudah didapatkan.

“Bunga telang ini seperti diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti antioksidan, antikanker, antimikroorganisme, mengontrol obesitas, mengatasi diabetes, dan sebagainya. Sehingga saya berinovasi untuk memanfaatkannya ke dalam kuliner,” ujarnya, Rabu (18/11/2020).

Selian itu, bunga telang juga diketahui banyak digunakam sebagai pewarna alami. Sehingga, apabila dicampurkan dalam adonan martabak, warnanyapun akan berubah warna biru cerah. Warna yang tidak ada dalam martabak lain.

“Jadi mulai dari pembuatan adonan hingga krim untuk topping, kami berkreasi dengan menggunakan sari bunga telang. Kami tidak menggunakan pewarna buatan, semuanya bahan-bahan alami,” terang pemilik Kedai Martabak Bang Thoyyib itu.

Respon masyarakat setelah mengetahui manfaat bunga telang di dalam produknya, disebutkannya cukup baik. Tidak mahal, untuk satu porsi martabak manis bunga telang ia menjualnya dengan harga Rp 10 ribu – Rp 20 ribu.

“Harganya tergantung toppingnya, kalau yang paling mahal Rp 20 ribu itu sudah ada keju, coklat, krim telang, dan kental manis. Selain martabak manis, kami juga jual martabak telur yang adonanannya juga kami buat dari air sari bunga telang,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...