Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Keren, Kulit Kapuk Antarkan Siswa SMA PGRI 2 Kayen Raih Emas di ISIF 2020

MURIANEWS, Pati – Kulit dari buah randu (kapuk) ternyata bisa diolah jadi barang berharga. Dengan dicampur bawang putih dan minyak kelapa, kulit kapuk ternyata bisa menjadi sabun antiseptik.

Tak hanya itu, inovasi tersebut juga berhasil mengantarkan tiga siswa SMA PGRI 2 Kayen menyabet medali emas dalam ajang Internationale Science and Invention Fair (ISIF) 2020. Ketiga siswa tersebut adalah Dyah Kusuma Wardani, Kamila Rafig, dan Bagas Nur Ardanto.

Dyah sendiri mengaku, awal mula munculnya inovasi tersebut adalah karena wabah Covid-19 yang semula tersebar di Cina. Karena corona ini virus yang belum ada obatnya, maka dia bersama tim berpikir untuk membuat antiseptik yang mampu menangkal virus tersebut.

“Kemudian kami mencari bahan alami yang cocok untuk pembuatan sabun antiseptik itu. Kami menemukan buah kulit randu dan bawang putih sebagai bahan bahan alami,” ungkapnya.

Dia memilih bahan alami lantaran kategori yang diambilnya dalam ISIF itu adalah kategori lingkungan. Sehingga pemanfaatan bahan sekitar dianggapnya akan lebih potensial.

“Selain itu, untuk mendapatkan bahannya juga cukup mudah. Sebab di Pati ini ada sekitar 150 ton setiap bulannya. Sehingga menbuat kami berpikir untuk memanfaatkan itu,” jelas Dyah.

Dalam lomba ISIF yang diselenggarakan di Yogyakarta beberapa hari lalu, setidaknya diikuti oleh 400 peserta dari 30 negara. Sementara tim Dyah adalah satu-satunya yang mendapatkan emas dalam kategori pemanfaatan lingkungan.

“Dalam ekstrak kulit buah randu ini memiliki senyawa CaCO3, Mg2CO3 dan Ka2Co3 yang berpotensi untuk menjadi sabun cair,” terangnya.

Selain itu, mereka juga mendapatkan Special Invention and Innovation Awards dari Malaysia.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...