Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tambah Petugas Pemulasaran Jenazah Covid-19, DKK Pati Gandeng Ormas Keagamaan

MURIANEWS, Pati – Tenaga pemulasaran jenazah terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Pati, saat ini masih kurang. Apalagi, tingkat kematian baik positif ataupun suspek di Bumi Mina Tani ini cukup tinggi.

Karena itu, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati berencana menambah tenaga pemulasaran dengan melibatkan kaum agamawan. Dengan begitu, proses pemulasaran jenazah benar-benar sesuai dengan apa yang menjadi keyakinannya.

“Tenaga pemulasaran itu kan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan saat ini masih kurang. Karena itu, akan kami tambah agar proses pemulasaran dan pemakaman bisa lebih cepat,” jelas Edy Siswanto Kepala DKK Pati, Selasa (17/11/2020).

Dirinya menambahkan, untuk penambahan tenaga saat ini diakui sudah proses. Bahkan dari organisasi kemasyarakatan (ormas) islam seperti NU dan Muhammadiyah juga dilibatkan.

Tidak hanya itu, ada juga yang dari agama lain, sehingga nantinya proses pemulasaran sesuai dengan keyakinan yang dianutnya. Hal ini sangat penting agar dikemudian hari tidak terjadi kesalahpahaman.

“Selama ini yang berjalan, kalau ada pasien Covid-19 yang meninggal, petugas pemulasaran langsung hadir. Tapi sebelumnya mereka sudah dilatih agar sesuai dengan syariat islam. Kalaupun ada keluarga yang ingin menyaksikan langsung, maka akan kami fasilitasi. Tapi selama ini pihak keluarga memasrahkan kepada petugas pemulasaran,” terangnya.

Terkait penambahan petugas pemulasaran itu, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pati. Bahkan pihaknya juga sudah mendapatkan persetujuan.

“Semuanya masih proses. Dalam prakteknya nanti, bisa jadi yang dari orsmas hanya mendampingi dan menyaksikan proses pemulasaran jenazah. Kalau tidak sesuai, maka yang bersangkutan bisa langsung memperbaiki,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...