Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sempat Diduga Hilang di Hutan dan Dicari Tim SAR, Warga Monggot Grobogan Ditemukan Selamat

MURIANEWS, Grobogan – Upaya pencarian terhadap Mbah Sawi (57), warga Dusun Ngasem, Desa Monggot, Kecamatan Geyer, Grobogan akhirnya membuahkan hasil. Menjelang Senin (16/11/2020) tengah malam, keberadaannya berhasil diketahui.

Ternyata, yang bersangkutan sedang berada di rumah kerabatnya di Dusun Nduro, Desa Jambangan, Kecamatan Geyer yang jaraknya sekitar lima kilometer dari tempat tinggalnya.

“Alhamdulillah, orang yang dicari-cari sejak tadi sudah ditemukan. Yang bersangkutan ternyata ada di rumah kerabatnya di desa sebelah dalam kondisi selamat,” kata Kades Monggot Susanto.

Menurutnya, setelah selesai ngarit di hutan, warganya itu sebenarnya bermaksud pulang.

Namun, dalam perjalanan, tiba-tiba orangnya seperti merasa kebingungan dan akhirnya berjalan tanpa arah yang jelas hingga akhirnya sampai ke Dusun Nduro dan kemudian singgah ke rumah kerabatnya.

“Kebetulan, Mbah Sawi itu aslinya dari Dusun Nduro, Desa Jambangan. Jadi, orang sana sudah mengenalnya,” sambungnya.

Dijelaskan, sebelumnya, pencarian dilakukan lantaran warganya itu tidak kunjung pulang hingga malam hari.

Sebelumnya, Sawi sempat pamit mau ngarit atau cari rumput untuk pakan ternak di sekitar kawasan hutan KPH Gundih, Senin (16/11/2020) pagi.

Aktivitas ngarit di kawasan hutan selama ini sudah jadi rutinitas yang dilakukan Sawi. Biasanya, Sawi yang memiliki tiga ekor sapi itu berangkat ngarit selepas Subuh, sekitar jam 05.00 WIB. Kemudian, yang bersangkutan sudah pulang sekitaran jam 08.00-11.00 WIB.

“Namun, sampai sore tadi ternyata belum juga pulang. Pihak keluarga sudah berupaya mencari di kawasan hutan dan tempat lainnya tetapi belum ketemu. Akhirnya, saya minta bantuan pada pihak terkait untuk melakukan pencarian,” jelasnya.

Baca: Pamit Ngarit Tak Kunjung Pulang, Warga Monggot Grobogan Dicari Tim SAR

Pencarian oleh tim SAR gabungan dan puluhan warga setempat difokuskan di kawasan hutan yang biasanya dijadikan tempat ngarit Sawi. Namun, keberadaan Sawi belum juga diketahui.

Akhirnya, muncul kabar yang menyatakan jika yang bersangkutan ada di Dusun Nduro, Desa Jambangan.

Setelah dicek kesana, kabar tersebut benar adanya. Selanjutnya, Sawi dijemput untuk diantarkan pulang ke rumahnya karena pihak keluarganya sudah cemas menunggu kabarnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...