Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dinkop Dorong UMKM Pati Rabah Pasar Online di Masa Pandemi

MURIANEWS, Pati – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) selama pandemi ini menjadi sekor yang masih bertahan. Bahkan tingkat penjualan ada yang mengalami peningkatan. Namun, ada juga yang gulung tikar lantaran tidak kuat penyangga di permodalan.

Untuk mengantisipasi itu, Dinas Koperasi dan UMKM Pati pun mengajak usaha kecil agar merambah pasar digital (online). Sebab, pasar online sejauh ini masih terus berjalan dibandingkan dengan pasar offline.

Kepala Dinkop UMKM Pati Wahyu Setyawati mengaku sudah menggandeng beberapa platform digital market untuk menggaet produk UMKM Pati. Seperti Blibli, shopee, tokopedia dan lain-lain. Hal ini adalah untuk membantu pelaku UMKM bisa merambah di pasar digital.

“Sejauh ini memang belum banyak yang mulai mengikuti digitalisasi UMKM ini. Karena selain produk juga harus didukung dengan sumber daya manusia (SDM),” terangnya, Senin (16/11/2020).

Dirinya mengakui, sekalipun sektor UMKM ini masih banyak yang tertahan di masa pandemi, tetapi ada juga yang ambruk. Kejadian ini kemudian menjadi titik lompatan agar digitalisasi UMKM benar-benar mampu membantu perekonomiannya.

“Memang sulit untuk melakukan digitalisasi UMKM secara langsung. Tapi kami terus berusaha untul melakukan sosialisasi dan memberikan pelatihan,” imbuhnya.

Dirinya mempunyai target tersendiri agar UMKM di Pati ini mampu memanfaatkan pasar digital. Sehingga apabila ada wabah seperti pandemi Covid-19 seperti ini, kalaupun terdampak tetapi tidak begitu signifikan.

“Desember nanti, kami akan melkaukan evaluasi untuk pelaksanaan digitalisasi UMKM ini. Target kami, sebanyak mungkin UMKM bisa merambah pasar digital,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...