Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ormas di Jepara Diminta Berperan Aktif Dalam Penanganan Covid-19

MURIANEWS, Jepara – Organisasi masyarakat (ormas) di Kabupaten Jepara diminta berperan aktif dalam memerangi Virus Corona atau Covid-19. Salah satunya dengan cara ikut menyosialisasikan muatan edukatif mengenai pencegahan Covid-19.

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten I Setda Jepara Dwi Riyanto meminta hal ini bisa dilakukan oleh semua Ormas yang ada di Jepara. Hal itu disampaikan saat menghadiri undangan ulang tahun Lindu Aji, salah satu ormas yang ada di Jepara.

“Kami berharap kepada Ormas, yang sudah memiliki keanggotaan hingga di tingkat desa ataupun kecamatan, untuk ikut berperan dalam masalah penanganan Covid-19 ini. Melalui jaringan yang dimiliki masing-masing ormas, kami harapkan bisa memberikan edukasi mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan kepada anggota dan masyarakat,” ujar Dwi Riyanto, Senin (16/11/2020).

Ormas-ormas ini diharapkan bisa menjadi duta penerapan Covid-19. Mereka juga diharapkan bisa menjadi contoh dalam menjaga dan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MURIANEWS (@murianewscom)

Kebiasan untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak dengan orang lain, bisa dicontohkan kepada masyarakat. Sehingga, berawal dari kalangan anggota ormas kemudian bisa diikuti oleh anggota masyarakat yang lain.

“Dengan seperti itu, kami kira penerapan protokol kesehatan bisa segera menjadi sebuah kebiasaan di masyarakat. Ormas kan memiliki jaringan organisasinya. Kalau semua ormas yang ada di Jepara bisa berperan seperti itu, maka dampak baiknya akan bisa dirasakan terkait penanganan Covid-19 ini,” tambah Dwi Riyanto.

Sementara itu, Ketua Harian DPP Lindu Aji Jepara, Heru Supriyono menyatakan, pihaknya siap untuk membantu pemerintah khususnya dalam penerapan disiplin protokol kesehatan.

Pihaknya akan menginstruksikan kepada seluruh para anggotanya, untuk selalu berkoordinasi kepada instansi terkait untuk memecahkan berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat. Utamanya terkait masalah-masalah penanganan Covid-19 di Kabupaten Jepara.

“Sebagai bagian dari masyarakat Jepara, kami tentu siap untuk melaksanakan apa yang diharapkan Pemkab Jepara terkait penanganan Covid-19 ini. Masalah ini memang menjadi tanggung jawab semua pihak. Semua elemen masyarakat harus mengambil peran, dan kami siap untuk melaksanakannya,” terangnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...