Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jati Raksasa Berusia Ratusan Tahun Seharga Rp 2 Miliar Tumbang, Akan Dijadikan Ikon Blora

MURIANEWS, Blora – Pohon jati raksasa berusia sekitar 200 hingga 250 tahun tumbang diterjang angin. Lokasi pohon jati tersebut berada di hutan lindung di petak 1092 B RPH Temenggeng BKBH Pasar Sore KPH Cepu, tepatnya di lokasi area wisata Gubug Payung.

Administrstur Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Cepu, Mustopo, melalui Dodi Widya Buwana Junior, Manager Bisnis KPH Cepu mengatakan, pohon jati yang roboh ini berada di pinggir sungai di dalam hutan.

Karena abrasi, terjadi kikisan tanah yang menyebabkan jati roboh saat diterjang angin kencang.

“Sangat disayangkan dengan robohnya jati yang berada di hutan lindung ini. Ambruknya pohon jati ini karena berada di pinggiran sungai, karena pohon jati tidak mempunyai akar tunggang dan hanya akar serabut, jadi pohon jati ini gampang ambruk ketika akarnya terkikis air hujan,” kata Dodi, Sabtu (14/11/2020)

Petugas berfoto di pohon jati berusia ratusan tahun di Blora yang tumbang. (MURIANEWS/Priyo)

Menurut ny, pohon jati ini roboh sekitar bulan Mei lalu, karena masih menunggu izin untuk memindahkannya, sehingga petugas masih membiarkan pohon jati tersebut berada di lokasi.

“Kami masih menunggu izin angkut, karena lokasi pohon tersebut berada pada hutan lindung. Dan pohon jati tersebut tidak bisa dijual belikan, namun jika suatu saat nanti digunakan untuk kepentingan Perhutani bisa digunakan untuk menjadi ikon daerah,” ucapnya.

Baca: Pohon Ini Namanya Denok, Jati Raksasa di Blora yang Usianya Tiga Abad

Jika dijual, lanjut Dodi, pohon jati yang roboh tersebut memiliki taksiran harga sekitar RP 2 miliar.

“Tinggi total mencapai 50 meter akarnya saja ini mencapai diameter tiga meteran,” ujarnya.

Rencananya pohon tersebut akan di jadikan ikon yang berlokasi di rest area barat Brogh Brosot, yang berlokasi di jalan raya Blora – Cepu Desa Sambong.

Sekedar diketahui jati dari Blora kualitasnya sangat bagus, bahkan sekitar 13 tahun lalu ada pohon jati dari Blora yang laku hingga Rp 1 miliar.

 

Kontributor: Priyo
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...