Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tiga Museum di Kudus Bakal Pamerkan Koleksi di Museum Virtual

MURIANEWS, Kudus – Tiga museum di Kabupaten Kudus, bakal diikutkan dalam pameran bersama museum virtual yang dicetuskan oleh Museum Ranggawarsita Semarang pada akhir November 2020 mendatang.

Tiga museum tersebut yakni Museum Kretek, Museum Patiayam, dan Museum Jenang dan Gusjigang.

Total museum yang akan mengikuti even tersebut, berjumlah 20 museum, yang terdiri dari tiga museum asal Kudus, Museum Ranggawarsita Semarang, Museum BPK RI Magelang, Museum Volkanologi Ketep Magelang, Museum Perkembangan Islam Jawa dan Museum Pers Nasional Solo.

Selain itu, ada juga Museum RA Kartini Rembang, Museum RA Kartini Jepara, Museum Kars Indonesia Wonogiri, Museum BRI Purwokerto, Museum KA Ambarawa, Museum Batik Danahardi Solo, Museum Nasional Sragen, Museum Kapak Samudra Raksa Megelang, Museum Radyapustaka Solo, Museum Keris Solo dan Museum Nasional Jakarta.

“Ini agenda kami dalam peringatan hari ulang tahun museum. Karena kondisi pandemi ini harus tetap berjalan, dan kami buat konsep baru secara virtual dengan tema kolaborasi tanpa batas,” Kata Kurator Museum Ranggawarsita Semarang Laela Nurhayati Dewi Sabtu (14/11/2020).

Rencananya, museum tersebut akan dilaunching pada 26 November 2020 mendatang.

Dengan tujuan, memudahkan masyarakat di era pandemi untuk bisa melihat koleksi–koleksi di museum secara virtual, yang akan lengkap disertai keterangan dari masing–masing koleksi yang ditampilkan.

“Masing-masing museum akan menampilkan sejumlah koleksi unggulan yang dimiliki, saat ini tim masih mengumpulkan data dan gambar pada masing-masing museum. Sehingga masyarakat bisa lebih mudah untuk belajar dan melihat koleksi ke 20 museum yang akan mengikuti pameran bersama museum virtual tersebut,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...