Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Manfaatkan Lahan Kosong, Mahasiswa Ini Ajak Warga Pati Tanam Pohon

MURIANEWS, Pati – Berbagai cara dilakukan agar dapat memanfaatkan lahan kosong. Salah satunya adalah dengan menanam bibit pohon produktif, sehingga nantinya bisa dimanfaatkan.

Hal itu dimotori oleh Mahasiswa KKN dari Rumah UIN Walisongo, Semarang. Mereka menggerakkan warga Dukuh Mojoduwur, Desa Mencon, Kecamatan Pucakwangi untuk menanam pohon dipekarangan rumah yang tidak terpakai.

Sementara untuk bibitnya sendiri, diberikan secara cuma-cuma oleh para mahasiswa. Warga tinggal menanam dan memanfaatkan hasilnya.

Indah Maysaroh, mahasiswa UIN Walisongo mengatakan, pengabdian pada masyarakat seyogyanya memang harus memberikan hal yang bermanfaat. Termasuk memberikan bibit tanaman untuk ditanam di lahan kosong milik warga.

“Kami memberikan bibit nagka, sirsak, pete, dan matoa. Semuanya adalah tanaman produktif, buahnya bisa dimanfaatkan warga,” katanya, Jumat (13/11/2020).

Erna Noor salah satu warga penerima bibit tanaman mengaku sangat sennag dengan ajakan para mahasiswa tersebut. Apalagi ia memiliki banyak lahan kosong yang belum tertanami.

“Selain dapat mengisi waktu luang, dengan penanaman bibit ini tentunya bisa menjadi investasi masa depan. Siapa tahu nanti buahnya banyak dan bisa dijual, lumayan bisa dimanfaatkan,” terangnya.

Senada juga dikatakan oleh Suwarsih. Dirinya berharap pohon yanh ditanam ini dapat memberikan sumbangsih dikemudian hari. Apalagi, saat ini adalah waktu yang tepat untuk menanam.

“Sangat tepat, awal musim hujan memang cocok untuk menanam pohon. Terimakasih atas bantuan bibit pohonnya,” tutup Suwarsih.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...