Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Donor Darah Ternyata Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Ini Penjelasan Kepala UDD PMI Kudus

MURIANEWS, Kudus – Donor darah selain bertujuan untuk membantu sesama bagi yang membutuhkan tranfusi darah, ternyata juga banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kudus dr Arief Adi Saputro saat ditemui di kantor PMI Kudus, Kamis (12/11/2020).

“Mendonorkan darah bisa berpengaruh baik bagi kesehatan psikologis. Sebab, pendonor akan merasa puas bisa membantu sesama,” katanya.

Kegiatan donor daarah sendiri, identik dengan kriteria orang yang sehat. Sebab orang yang ingin mendonorkan darahnya, harus melalui serangkaian pemeriksaan dan harus dipastikan dalam kondisi yang sehat.

“Terlebih, saat donor darah rutin itu juga sebagai tanda uji kesehatan berkala sebelum melakukan donor darah,” ujarnya.

Kepala UDD PMI Kudus dr Arief Adi Saputro. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Dijelaskannya, donor darah memiliki banyak manfaat bagi pendonornya. Seperti, bisa mengurangi risiko penyakit jantung, membakar kalori, meningkatkan produktifitas darah, menurunkan kolesterol, menurunkan risiko kanker, hingga nantinya menjadi lansia yang sehat.

“Dengan donor darah, otomatis sirkulasi darah pendonor akaan menjadi lebih baik. Jantung akan terus memompa darah sehingga dapat meningkatkan zat besi pada darah dan membuat jantung akan lebih sehat,” ungkapnya.

Saat ini, UUD PMI Kudus sedang memerlukan banyak stok darah. Sebab, stok darah yang ada di PMI Kudus sudah mulai menipis, karena meningkatnya permintaan untuk transfusi darah. Bahkan perhari bisa mencapai 50 hingga 70 kantong.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh MURIANEWS (@murianewscom)

“Kami harap masyarakat bisa membantu mendonorkan darahnya, karena donor darah selain untuk membantu sesama juga memiliki banyak manfaat. Sore ini kami lakukan pelayanan donor darah di simpang tujuh kudus dari jam 16.30 WIB – 20.30 WIB,” harapnya.

Para pendonor darah, juga diharapkan bisa tetap mengedepankan protokol kesehatan saat melakukan donor darah, seperti, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer dan juga tetap menjaga jarak.

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...