Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Musim Hujan, Bibit Pisang Cavendish di Pati Diburu Banyak Orang

MURIANEWS, Pati – Memasuki musim hujan, banyak warga yang mulai memanfaatkan lahan kosong untuk ditanani bibit buah. Salah satu yang menjadi tren di Pati saat ini adalah pisang cavendish.

Abdul Hamid, pemilik rumah pembibitan tanaman Omah Ijo Desa Bageng, Kecamatan Gembong mengatakan, pisang cavendish mulai poluper di Indonesia sejak 2016 lalu. Namun, baru tahun ini menjadi perhatian di Pati. Itu karena karakter pisang cavendish yang lonjong dan besar, membuat masyarakat lebih suka.

Abdul mengakui, selama dirinya melakukan pembibitan pisang cavendish ini, yakni mulai 2018 lalu, ada banyak pembeli yang berdatangan. Bahkan pembeli juga ada yang dari luar daerah.

“Untuk harga bibit, saya menjualnya dengan Harga Rp 20 ribu untuk ukuran kecil atau panjang sekitar 25 sentimeter. Sedangkan untuk ukuran besar, yakni panjang 50 sentimeter, harganya Rp 35 ribu,” katanya, Kamis (12/11/2020).

Dia menambahkan, untuk peoses penanaman pisnag cavendish ini diakui cukup mudah. Tidak jauh berbeda dengam jenis pisang lainnya. Pada musim penghujan, penanaman akan lebih cocok dilakukan.

“Karena cavendish ini membutuhkan banyak air. Kalau penanaman dilakukan pada musim penghujan, kan tidak perlu lagi disirami,” imbuhnya.

Dalam sepekan, dirinya berhasil menjual sebanyak 30 bibit pisang cavendish. Jumlah tersebut diakui meningkat setiap memasuki musim penghujan. Bahkan perminggu penjualan bisa mencapai lebih dari 50 bibit.

“Biasanya ada yang mau membudidayakan, belinya dalam jumlah banyak. Kalau rumahan paling beli tiga sampai 4 bibit,” terangnya.

Apabila ada pesanan dalam jumlah banyak, pihaknya pun terpaksa harus mencari bibit dari rekanan yang sudah bekerjasama. Yang penting, kebutuhan pembeli dapat terpenuhi.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...