Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hilangnya Tugu Perjuangan di Kalirejo Kudus Disayangkan

MURIANEWS, Kudus – Lembaga Penyelamat dan Penjaga Karya Budaya Bangsa (LPPKBB) Kabupaten Kudus menyayangkan Tugu Perjuangan yang berada di Dukuh Babalan, Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus, kini sudah tiada.

Supani, Ketua LPPKBB mengaku mengetahui jika tugu untuk memeringati perjuangan melawan Belanda itu sudah tidak ada saat bersama Komunitas Ontoseno Kudus, Minggu (08/11/2020) ke tugu tersebut.

“Tapi tahu-tahu kok sudah hilang, dulu ada tugu kecil yang menjadi tetenger (tanda) bahwa dulu di sana lokasi perjuangan pada masa Agresi Militer Belanda kedua,” Kata Supani, yang juga sebagai ketua Ontoseno tersebut, Rabu (11/9/2020).

Padahal bulan Agustus lalu, ia sendiri masih melihat tugu tersebut berdiri meski ukuranya memang tak begitu besar. Namun sekarang, tugu tersebut sudah tidak ada.

Seharusnya, lanjut Supani, tugu  tersebut harus tetap dijaga atau justru dibangun yang lebih baik lagi.

“Kalau sampai hilang semua kan kasihan perjuangan para pejuang dulu. Tugu di Besito sudah hilang. Tugu Perjuangan di Tanggulangin hilang terus juga Tugu Perjuangan di Babalan Desa Kalirejo juga hilang,” tegasnya.

Dari keterangan yang didapatnya dari pihak desa, tugu tersebut baru diamankan atau diselamatkan saat pembangunan masjid. Tugu tersebut menurutnya, juga sudah pernah dipindah hingga tiga kali.  Sebab takut tugu tersebut akan rusak tertabrak kendaraan.

Pihaknya pun sangat menyayangkan tugu tersebut sekarang sudah tiada. Selain itu, tokoh pejuang yang juga sebagai veteran di Undaan bernama Mbah Datuk juga menyayangkan tugu tersebut telah hilang.

Ia pun berharap pihak terkait bisa kembali membangun tugu di tempat semula dan menjadi pertanda sejarah perjuangan. Sehingga para generasi muda bisa mengetahui tentang sejarah perjuangan para pejuang dan lebih cinta terhadap NKRI.

“Pihak desa kemarin bilang mau dibangun lagi. Dan Alhamdulillah dari Babinsa setempat juga akan melanjutkan kepada Komandan Kodim suara kami yang mengingkan agar tugu tersebut bisa kembali berdiri,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...