Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Plt Bupati Kudus:  Edukasi Protokol Kesehatan Penting Bagi Santri

MURIANEWS, Kudus –  Aktivitas pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Kudus mulai berangsur normal. Oleh karena itu, edukasi terkait penerapan protokol kesehatan untuk para santri perlu dilakukan.

Hal tersebutlah yang menjadi konsen Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo saat menyerahkan bantuan APD dan hibah sarana prasarana di Ponpes Nurul Asna, Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan, Selasa (10/11/2020).

Nilai hibahnya sendiri, sebesar Rp 18.643.500. “Apalagi di sini (Ponpes Nurul Asna) banyak santri yang masih butuh pembinaan. Maka, edukasi jadi penting,” katanya.

Hartopo mencontohkan, pembelajaran tatap muka di ponpes harus menerapkan standar protokol kesehatan. Baik memakai masker maupun memakai pelindung wajah.

Tak hanya itu, cuci tangan pakai sabun harus dilakukan secara rutin. Penataan tempat belajar pun menjaga prinsip jaga jarak. “Ini harus diterapkan supaya pembelajaran bisa lancar,” ujarnya.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh MURIANEWS (@murianewscom)

Selain menyerahkan bantuan, kedatangan orang nomor satu di Kudus tersebut juga sebagai sarana merawat tali silaturahmi dengan alim ulama. Serta memastikan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus tepat sasaran.

“Saya memang ingin silaturahmi dengan para kiai dan juga santri. Sekaligus ingin memastikan bantuan tepat sasaran,” ungkapnya.

Perihal keterlambatan penyerahan bantuan, Hartopo pun meminta maaf. Pihaknya menjelaskan, Pemkab Kudus terus berupaya peduli dengan ponpes. Meski, terjadi realokasi anggaran karena adanya pandemi Covid-19.

“Kami minta maaf jika ada keterlambatan. Tapi, saya pastikan bantuan ini tetap bisa diberikan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, bantuan APD diperuntukkan bagi  seluruh ponpes di Kecamatan Undaan. Bantuan berupa disinfektan, masker, dan perlengkapan penunjang lainnta. Jika tak ada aral melintang, bantuan akan diserahkan ke pondok di lima kecamatan yang tersisa.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...