Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Penyebaran Corona Juga Rawan di Warung Makan, Begini Cara Mencegahnya

MURIANEWS, Kudus – Warung makan atau restoran menjadi salah satu tempat yang cukup rawan dalam penyebaran Covid-19. Oleh sebab itu, kebersihan alat makan menjadi kunci pencegahan corona.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Instalasi Bedah Sentral RSUD Loekmono Hadi Kudus dr Wahyu Wijanarko saat Live talkshow Ubah Laku Era Baru yang diselenggarakan MURIANEWS, Selasa (10/11/2020) malam.

Pada live talkshow dr Wahyu Wijanarko menyampaikan bahwa Covid-19 yang menyebar melalui droplet tidak dapat mati jika tidak berada pada suhu 80 derajat selama 10 menit.

“Covid 19 itu tidak mati kalau tidak dipanasi dalam suhu 80 derajat selama 10 menit. Jadi misal terjadi droplet di dalam mangkuk bakso itu Covid-19 tidak akan mati. Di situ bisa jadi celah,” katanya.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh MURIANEWS (@murianewscom)

Dia menambahkan agar pelaku UMKM kuliner lebih ketat lagi menerapkan protokol kesehatan. Terutama dalam memakai masker untuk mencegah droplet, dan selalu mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer.

“Covid-19 bisa mati dengan sabun. Selain itu lingkungan di sekitar harus dibersihkan juga dan tetap memakai masker,” sambungnya.

Lebih lanjut, menurut dia masyarakat juga harus patuh. Yakni dengan menjaga jarak dan tidak ngobrol saat makan.

Wahyu Wijanarko juga memberikan tips agar mencari tempat makan yang terdapat sirkulasi udaranya. “Usahakan cari tempat yang ada sirkulasi udaranya. Pilih tempat yang semi outdoor. Jangan tempat yang ber AC,” terangnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...