Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Petugas Gabungan di Blora Gelar Apel Siaga Penanggulangan Bencana

MURIANEWS, Blora – Petugas gabungan yang terdiri dari BPBD, Kodim 0721, Satpol PP, Damkar, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, serta Polres Blora dan instansi terkait lainnya menggelar apel siap siaga bencana di Alun-Alun Blora, Rabu (11/11/2020). Peralatan dan kendaraan penanganan bencana juga dikerahkan dalam apel ini.

Di antaranya dapur umum statis dari Dinas Sosial, kendaraan patroli dari Polres dan Kodim 0721/Blora, kendaraan damkar, perahu penyelamat, ambulans hingga alat berat untuk evakuasi jika terjadi bencana.

Bupati Blora mengatakan, apel kesiapsiagaan bencana ini disebutnya yang terlengkap se-Jawa Tengah. “Semua sarana dan prasarana dari instansi lintas sektoral digelar dan disiapka,” katanya.

Pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk selalu siap siaga untuk antisipasi jika terjadi bencana alam di wilayahnya.  “Bencana alam yang sering terjadi di Blora saat musim hujan adalah banjir, angin puting beliung, serta pohon tumbang.” Ungkapnya

Bupati menyampaikan ada tiga kecamatan yang dilalui aliran Sungai Bengawan Solo yaitu Kedungtuban, Kradenan dan Cepu. Kepada warga yang tinggal di daerah aliran sungai, khususnya sungai  Bengawan Solo dan Sungai Lusi diharap untuk waspada.

Sementara itu Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan membeberkan, bahwa pihaknya telah menginstruksikan seluruh polsek jajaran di 16 kecamatan untuk ikut aktif dan selalu bersinergi dengan TNI dan pemerintah setempat, terutama dalam penanggulangan bencana alam.

“Seluruh jajaran Polres Blora sudah siap siaga untuk bersinergi dalam penanggulangan bencana. Contoh kecil untuk patroli saat ini selain antisipasi gangguan kamtibmas, kita juga gelar patroli untuk memantau daerah aliran sungai serta wilayah hutan,” terangnya.

Seusai apel, kemudian dilanjutkan dengan simulasi penanganan bencana alam banjir, di mana dipraktikkan penanganan banjir oleh BPBD Blora dan dapur umum statis dari Dinas Sosial Kabupaten Blora.

Kontributor: Priyo
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...