Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pakai Face Shield Tanpa Masker Efektifkah? Ini Penjelasan Dokter RSUD Loekmono Hadi

MURIANEWS, Kudus – Masker dan face shield saat ini sering dijumpai sebagai sarana mencegah corona. Banyak di kalangan masyarakat justru menggunakan face shield tanpa menggunakan masker. Lantas amankah hal tersebut?

Kepala Instalasi Bedah Sentral RSUD Loekmono Hadi Kudus dr Wahyu Wijanarko menjelaskan, penggunaan face shiled tanpa masker ternyata kurang efektif. Apalagi, fungsi face shield hanya menghalangi droplet yang lebih besar.

“Face shield benar kegunaannya menutupi wajah. Tetapi harusnya ditambah dengan masker. Karena masker memiliki fungsi menyaring droplet yang berukuran kecil. Sedangkan face shield untuk droplet yang berukuran besar,” katanya dalam Talkshow Ubah Laku di Era Baru #4 dengan tema UMKM Tangguh, Patuh Prokes, Selasa (10/11/2020).

Menurut dia fungsi masker tidak bisa digantikan dengan face shield. Oleh karena itu lebih dianjurkan memakai masker daripada memakai face shield. Namun, akan lebih ideal ketika keduanya dipakai bersamaan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MURIANEWS (@murianewscom) on

Ia juga menyarankan agar pemakaian masker tetap dipatuhi. Selain itu, masyarakat maupun khususnya pelaku UMKM juga harus menerapkan protokol 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun)

“3M itu sebenarnya langkah minimal mencegah corona. Semua harus memenuhinya. Apalagi pelaku UMKM yang sering ketemu banyak orang,” terang dia.

Dia berharap pelaku UMKM bisa lebih peduli dan paham protokol kesehatan 3M. “Harapannya pelaku UMKM paham dengan sendirinya menjalankan protokol kesehatan. Sehingga bisa meminimalkan pencegahan corona. Supaya tidak terjadi klaster di UMKM,” harapnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...