Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kemen PUPR Kucurkan Rp 28 Miliar Bangun Dua Jembatan di Grobogan

MURIANEWS, Grobogan – Dua jembatan yang berada di ruas jalan milik Kabupaten Grobogan bakal segera dibangun ulang dengan kondisi lebih panjang dan lebar. Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp 28 miliar untuk pembangunan dua jembatan ini.

Dua jembatan itu yakni, Jembatan Peganjing di ruas jalan Danyang-Kuwu dan jembatan penghubung Desa Mlowokarangtalun-Randurejo. Kedua jembatan ini lokasinya ada di wilayah Kecamatan Pulokulon.

Sekretaris DPUPR Grobogan Wahyu Tri Darmawanto mengungkapkan, pembangunan dua jembatan itu perlu dilakukan karena kondisinya saat ini sempit dan kurang memadai. Oleh sebab itu kedua jembatan perlu diperlebar agar bisa dilalui oleh kendaraan roda empat secara bersamaan dari dua arah.

Dengan kondisi itulah, pihaknya sempat mengusulkan bantuan dana untuk pembangunan jembatan Peganjing dan Mlowokarangtalun-Randurejo ke kementerian PUPR.

Ternyata usulan itu direspon positif dan pihak Kementerian PUPR akhirnya mengalokasikan anggaran sebesar Rp 16 miliar untuk pembangunan Jembatan Peganjing dan Rp 12 miliar untuk jembatan Mlowokarangtalun-Randurejo.

“Jadi totalnya ada Rp 28 miliar untuk pembangunan dua jembatan itu. Semua proses lelangnya dilakukan dari pihak kementerian PUPR,” jelasnya, Selasa (10/11/2020).

Pembangunan kedua jembatan dilakukan secara multiyears dengan kontrak kerja selama sembilan bulan, dimulai 14 September 2020 hingga 10 Juni 2021.

Dijelaskan, untuk Jembatan Penganjing nanti akan dibangun dengan panjang 80 meter, lebar efektif 7,5 meter. Posisi jembatan ini nantinya akan dibuat lurus, tidak berada di belokan jalan seperti saat ini.

“Sedangkan untuk jembatan Mlowokarangtalun-Randurejo nanti panjangnya jadi 40 meter dan lebarnya 6 meter,” sambungnya.

Terkait dengan pembangunan dua jembatan ini, ada kewajiban yang harus dipenuhi oleh Pemkab Grobogan. Yakni, pembebasan lahan yang akan digunakan untuk pelebaran jembatan.

“Untuk pembebasan lahan ini sudah hampir rampung. Kita harapkan pada bulan November ini sudah beres sehingga pekerjaan bisa dilakukan maksimal. Untuk saat ini, baru sebatas persiapan pembangunan jembatannya,” terangnya.

Khusus untuk pembangunan Jembatan Peganjing, pihaknya masiha ada kewajiban lagi. Yakni, membiayai pemindahan tiang listrik milik PLN yang terkena dampak pembangunan jembatan baru.

“Untuk pemindahaan tiang listrik ini sudah kita koordinasikan dengan pihak PLN. Anggarannya juga sudah disetujui dan segera akan dilakukan pemindahan tiangnya,” pungkasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...