Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tim Ahli Bagikan Tips Tanggulangi Bakteri yang Bikin Daun Pisang Memutih

MURIANEWS, Kudus – Daun putih pada pohon pisang di Desa Bulung Cangkring, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, yang bikin geger dipastikan tercipta karena bakteri yang dinamakan pusarium. Pohon pisang berjenis pisang kepok tersebut tumbuh di pekarangan Sriyatun di RT 2 RW6 Desa Bulung Cangkring.

Petugas pemeriksa Organisme Pengganggu Tanaman (P-OPT) Pengamat Hama dan Penyakit (PHP) dari Laboratorium Pati Sucipto, dan Sutaman dari Dinas Pertanian Jawa Tengah diterjunkan untuk memeriksa pohon pisang tersebut.

Dalam kesempatan itu, tim ahli tersebut juga membagikan tips untuk mengatasi bakteri atau jamur yang pusarium yang menjadi penyebab daun pohon pisang tersebut menjadi putih.

“Hal itu bisa ditanggulangi dengan pemberian bahan kimia dan nabati. Selain itu, lingkungan tersebut harus mendapatkan sinar matahari yang cukup. Karena pohon pisang ini tertutup dengan pepohonan mangga,” kata Sucipto.

Bahan kimia yang dimaksud Sucipto, yakni fungisida dan bakterisida. Sedangkan, untuk nabati bisa menggunakan  air bekas  mencuci beras.

“Air bekas cucian beras itu bisa ditampung, dan disiramkan ke sekitar tanaman pisang tadi (pohon pisang berdaun putih). Jangan sekali saja, harus berkali-kali agar jamur atau bakteri tersebut hilang,” ujarnya.

Baca: Pohon Pisang Berdaun Putih Seperti Mori di Kudus Diperiksa Tim Ahli, Ini Hasilnya

Kemudian, saat menebang pohon pisang juga jangan meninggalkan bekasnya begitu saja. Agar tidak membusuk dan menjadi media tumbuhnya bakteri atau jamur yang bisa membuat pohon di sekitarnya terkena penyakit.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...