Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ada Skrining Khusus Calon Pasien, Cara Puskesmas Ngembal Kulon Cegah Corona

MURIANEWS, Kudus – Puskesmas Ngembal Kulon memiliki cara yang baik saat melayani warga yang berobat. Yakni dengan cara melakukan skrening khusus dan membedakan tempat masuk pelayanan. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Dari pengamatan MURIANEWS, di halaman dekat pagar Puskesmas Ngembal terdapat satu tempat cuci tangan bewarna oranye. Lalu, di area lobi bagian luar juga disediakan tempat cuci tangan.

Kursi-kursi pasien yang akan periksa juga diberi tanda silang sebagai penanda menjaga jarak.

Lalu, untuk warga yang mengantar dan kondisinya sehat, diberi tempat duduk di halaman puskesmas. Letaknya dibedakan dengan kursi warga yang hendak periksa.

Tak hanya itu, pintu masuk bagi warga yang hendak periksa dengan gejala ringan dibedakan dengan warga yang hendak periksa dengan gejala mengarah ke Covid-19.

Untuk warga yang hendak periksa dengan gejala ringan (nonCovid-19) diminta masuk lewat pintu sebelah timur dan ke luar lewat pintu timur.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MURIANEWS (@murianewscom) on

Sedangkan warga yang periksa dengan gejala mengarah ke Covid-19 seperti batuk, pilek, hilang indera perasa, disarankan lewat pintu sebelah barat dan ke luar lewat pintu sebelah barat.

“Ada rentetan yang harus dilewati. Datang cuci tangan dan dicek suhu. Terus ditanya keluhannya. Kalau sakit gejala ringan nonCovid-19, kami minta lewat pintu timur. Kalau yang kami tanya ada gejala ke Covid-19 kami lewatkan pintu bagian barat,” kata Kepala Puskesmas Ngembal Kulon Kamal Agus Efendi, Senin (09/11/2020).

Menurutnya hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona. “Kami ada petugas swab juga di ruangan laboratorium yang letaknya juga terpisah. Begitu ada gejala ke Covid-19, langsung kami ambil tindakan swab,” terangnya.

Menurut dia, sampai saat ini belum ada kasus corona baru di wilayah kerja Puskesmas Ngembal Kulon. Seperti yang diketahui, wilayah kerja Puskesmas Ngembal Kulon meliputi Ngembal Kulon, Tumpang Keasak, Megawon, Jepang Pakis, Loram Wetan, dan Getas Pejaten.

“Sejauh ini belum ada penambahan kasus baru di wilayah kerja kami. Ketika nanti ada info dari aplikasi corona Jateng, langsung kami lakukan tracing dan lakukan swab,” ujar dia.

Menurutnya, pemantauan isolasi mandiri juga dilakukan. Yakni dengan cara koordinasi dengan bidan desa dan Pemdes. Dia berharap masyarakat tetap mematuhi dan memahami bahwa Covid-19 benar-benar ada.

“Harapan saya masyarakat patuh dan paham bahwa Covid-19 itu ada. Walaupun kebanyakan menyerang warga usia 50 tahun ke atas, tapi juga ada yang muda kena Covid-19. Karena Covid-19 itu tidak pandang usia,” imbuhnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...