Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Rekrutmen Rampung, 20.797 Anggota KPPS di Grobogan Bakal Dirapid Test

MURIANEWS, Grobogan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Grobogan menyelesaikan proses perekrutan anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) untuk pelaksanaan Pilkada 9 Desember mendatang. Mereka nantinya akan menjalani rapid test sebelum bertugas.

Anggota KPPS ini nantinya akan bertugas sebagai pelaksana jalannya pemilihan umum di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo menyatakan, untuk Pilkada nanti, pihaknya membutuhkan 20.797 orang yang bertugas sebagai KPPS. Adapun jumlah TPS yang disiapan sebanyak 2.971 titik.

“Pada tiap TPS dibutuhkan anggota KPPS sebanyak tujuh orang. Dengan demikian, jumlah anggota KPPS keseluruhan yang dibutuhkan ada 20.797 orang,” katanya, Senin (9/11/2020).

Menurutnya, pendaftaran KPPS dibuka mulai tanggal 7 sampai 13 Oktober 2020 lalu di Panitia Pemungutan Suara (PPS) desa/kelurahan setempat. Setelah itu dilanjutkan tahapan penelitian administrasi, pengumuman hasil penelitian administrasi, masukan dan tanggapan masyarakat terhadap calon anggota KPPS.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MURIANEWS (@murianewscom) on

Selanjutnya, untuk anggota KPPS yang terpilih ini disampaikan dalam pengumuman nomor 860/KPU.Kab-012.329260/XI/2020 tertanggal 8 November 2020.

Agung menjelaskan, pengumuman nama anggota KPPS yang terpilih ini juga dapat dilihat di laman resmi milik KPU Grobogan. Yakni, di www.kpud-grobogankab.go.id dan selanjutnya mereka yang terpilih diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

Masih dikatakan Agung, adapun tahapan selanjutnya adalah menunggu pelaksanaan rapid test dan mengikuti bimbingan teknis dari KPU lewat PPK dan PPS. Untuk rapid test bagi anggota KPPS terpilih akan dilaksanakan mulai 26 November 2020 dan dijadwalkan selesai dalam waktu lima hari.

“Untuk anggota KPPS terpilih ini wajib mengikuti rapid test,” katanya.

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...