Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kenang Para Pejuang, Ontoseno Kudus Ngontel Bareng ke Tempat Bersejarah di Babalan

MURIANEWS, Kudus – Menyambut hari pahlawaan yang jatuh pada Selasa (10/11/2020) lusa, Komunitas Ontoseno Kudus menggelar kegiatan ngontel bareng dengan titik kumpul GOR Wergu Wetan Kudus menuju lokasi perjuangan pada masa Agresi Militer Belanda kedua di Desa Babalan Kecamatan Undaan, Kudus.

Sesampainya di lokasi tersebut (Tugu Perjuangan) Komunitas Ontoseno disambut oleh Babinsa Kalirejo dan Komunitas JIP Undaan. Dengan peserta sebanyak 45 orang, di lokasi perjuangan tersebut mereka mendeklarasi Anti Kekerasan, Cinta Tanah Air, dan NKRI harga mati.

Ketua Ontoseno Kudus, Sancaka Dwi Supani mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar para generasi muda dan penerus bangsa Indonesia selalu menghormati perjuangan para pejuang yang telah membela kemerdekaan RI.

“Pada tahun 1948 Belanda akan kembali merebut kemerdekaan RI. Saat itu pasukan Belanda akan memasuki wilayah Kudus melalui arah Purwodadi. Namun para pejuang kita yang dibantu kekuatan Devisi Siliwangi menghadangnya, dan terjadilah peperangan di Babalan,” katanya Minggu (8/11/2020).

Dengan adanya peristiwa tersebut, lanjut Supani, dibangunlah Tugu Juang 45. Namun, sangat disayangkan tugu yang bertengger sebagai tanda perjuangan itu sekarang sudah tiada. Ia pun berharap agar tugu tersebut bisa dibangun lagi dan perjuangan saat itu bisa terus dikenang.

“Kepada masyarakat yang peduli akan kemerdekaan RI mati gotong royong, membangun kembali monumen tersebut. Sebagai bentuk penghargaan bagi para pejuang,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...